Tebar 10.000 Benih Ikan dan Nila, Hendi Ingin Kali Semarang Jadi Area Pemancingan Umum

SEMARANG – Sebanyak 200 kilogram ikan karper dan 10.000 benih ikan karper dan nila disebar di sepanjangan Kali Semarang ruas Jalan Dr. Sutomo, Kota Semarang, Jumat (20/4).

lomba mancing
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat menebarkan benih ikan di Kali Semarang, Kampung Pelangi. (foto: metrosemarang.com/Masrukhin Abduh)

Penebaran ikan dan benih ikan tersebut dilakukan oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi sebagai salah satu inovasi untuk semakin menambah daya tari kawasan Kali Semarang. Hendi, sapaan karibnya hadir langsung dalam kegiatan tersebut dan secara simbolis menceburkan satu ekor ikan karper dengan berat 5 kilogram.

Disamping untuk menambah daya tarik wilayah, penebaran ikan di Kali Semarang tersebut juga merupakan salah satu inovasi dalam upaya menjaga kebersihan kali yang telah selesai ditata pada tahun 2017. Penataan tersebut meliputi pengerukan sedimen kali, peningkatan jalan inspeksi, hingga pembangunan taman.

Hendi berkeyakinan dengan ditebarnya sejumlah ikan dan benih ikan di Kali Semarang tersebut, maka akan mampu menumbuhkan rasa memiliki yang lebih besar dalam diri masyrakat sekitar. Ini karena, dirinya mempersilahkan ikan yang berada di Kali Semarang tersebut untuk dipanen oleh masyarakat sekitar, untuk kemudian dioleh menjadi berbagai produk yang dapat dijual untuk menambah pemasukan warga.

“Satu tahun yang lalu kali ini bisa dibilang kumuh, keruh, dan dangkal, tapi hari ini bisa kita lihat kondisinya sudah jauh berubah menjadi lebih bersih dan nyaman”, tutur Hendi. “Dan hari ini saya minta masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan, para pedagang juga harus tertib menjaga kebersihan dan kerapian. Ini agar orang menjadi betah datang ke sini, yang ujung-ujungan perputaran uang di sini jadi lebih tinggi”, pinta orang nomor satu Kota Semarang tersebut. 

Pada hari itu sendiri, selain dilakukan penebaran ikan, juga diselenggarakan kegiatan lomba mancing yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat di Kota Semarang. Dengan perlombaan yang digelar dalam rangka HUT Kota Semarang ke-471 itu, diharapkan dapat menjadi permulaan kegiatan positif di wilayah tersebut yang akan dilakukan rutin.

“Ke depan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) akan mengadakan lomba mancing seperti ini setiap hari Sabtu dan Minggu”, ujar Hendi. “Ini tentu saja bagian dari optimalisasi potensi wisata di wilayah Kali Semarang ini, yang harus terus digali supaya tidak benar-benar menjadi kawasan wisata baru di Kota Semarang”, tambahnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.