Tekan Kecelakaan Laut, Menteri Jonan akan Sekolahkan Anak Buahnya

Upacara peringatan Hari Pelaut Sedunia di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (12/6). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Upacara peringatan Hari Pelaut Sedunia di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (12/6). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG –Dalam rangka memperingati Hari Pelaut Sedunia pada 12 Juni, Direktorat Jenderal Perhubungan laut menggelar kampanye keselamatan pelayaran di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Peringatan dilakukan pada Jumat (12/6) pagi di area terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas.

Menurut rilis dari Humas Dirjen Perhubungan Laut, Tanjung Emas Semarang dipilih sebagai lokasi upacara peringatan lantaran letaknya yang strategis. Selain itu pelabuhan ini juga melayani banyak penumpang wisata bahari baik dalam maupun luar negeri.

Dalam upacara tersebut, yang bertugas sebagai inspektur upacara adalah Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ignasius Jonan. Dia menyampaikan bahwa keselamatan merupakan tanggungjawab semua pihak dan stakeholder.

Dia menjelaskan, untuk kecelakaan laut pada 2014 lalu adalah 1,5 kecelakaan per hari. Dia heran mengapa angka kecelakaan yang dirasa cukup tinggi tersebut tidak heboh di media. “Kalau kecelakaan pesawat satu saja bisa heboh seperti itu. Harusnya kapal juga seperti pesawat perhatiannya,” kata dia heran.

“Semua pejabat di sini pasti pernah sekolah dan mengenyam pendidikan. Kita tekan supaya kecelakaan bisa tidak terjadi atau zero accident. Kalau masih banyak terjadi, mungkin pejabat di sini perlu sekolah lagi,” tutur Jonan ketika menyampaikan amanat sebagai inspektur upacara. (ade)

You might also like

Comments are closed.