Telantarkan Karyawan, PT IGN Cepiring ‘Disegel’

METROSEMARANG.COM – Aksi karyawan pabrik PT Industri Gula Nusantara (IGN) Cepiring Kendal kembali berlanjut, Selasa (15/3) siang. Setelah beraudiensi dengan DPRD Kendal, kali ini mereka menyegel pabrik di Jalan Pantura Cepiring itu dengan menggunakan belasan spanduk.

Aksi ini sebagai bentuk protes atas belum terpenuhinya gaji karyawan selama empat bulan terakhir. Belasan spanduk tersebut dipasang di gerbang pintu masuk pabrik yang sudah berhenti beroperasi sejak akhir tahun kemarin.

Aksi karyawan PT IGN Cepiring, Selasa (15/3). Foto: metrojateng.com
Aksi karyawan PT IGN Cepiring, Selasa (15/3). Foto: metrojateng.com

Puluhan karyawan yang tetap berangkat nampak duduk-duduk di depan pabrik, sambil bernyanyi meneriakkan agar perusahaan membayar gajinya. Tidak ada penjagaan dari keamanan pabrik, karena satpam ikut berdemo bersama karyawan lainnya.

Sejumlah karyawan yang tetap bertahan dan bekerja ini semakin terjepit kebutuhan sehari-hari. Sebagian karyawan bahkan sudah mempunyai hutang, karena tidak ada lagi pemasukan. Kendaraan yang dimiliki juga sudah diambil pihak leasing karena tidak lagi diangsur.

“Sekarang hutang sana sini mas, untuk kebutuhan sehari-hari. Kendaraan juga sudah ditarik bank karena sudah tidak lagi mengangsur,” ujar Latif, karyawan PT IGN.

Sementara perwakilan karyawan, Imam Suwandi mengatakan hingga kini belum ada kepastian kapan gaji  tiga bulan dibayarkan. Upaya dialog dengan pihak majanemen belum dilakukan karena direksi susah untuk diajak bertemu meski sudah difasilitasi dinas tenaga kerja.

Aksi kali ini dilakukan karena karyawan semakin bingung, rencana Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang sedianya dilaksanakan hari ini tidak jelas kapan akan digelar. Sejauh ini belum ada perwakilan perusahaan yang menemui para karyawan. (metrojateng.com/MJ-01)

 

 

You might also like

Comments are closed.