Inilah 10 Tempat Wisata Alam di Semarang dan sekitarnya yang Tak Boleh Dilewatkan

wisata alam di semarang umbul sidomukti
Foto: instagram @bebbyfender

Mau liburan yang bersuasana sejuk, nyaman, dan berpemandangan indah? Nah, tempat-tempat berikut sangat cocok untuk Anda yang ingin sejenak menghilangkan kepenatan aktivitas diperkotaan seperti semarang. Berikut 10 Tempat Wisata Alam di Semarang yang tak boleh anda lewatkan:

1. Gua Kreo

Tempat wisata ini terletak di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Tempat ini sangat unik, karena dipenuhi ratusan kera berekor panjang yang menghuni tempat ini. Kera-kera disini jinak dan sudah bersahabat dengan manusia. Jadi tidak usah takut dan kuatir mengajak buah hati Anda. Cukup siapkan kacang untuk si kera.

2. Pantai Marina, Pantai Maron, Pantai Tirang

Ketiga pantai ini lokasinya berdekatan. Pantai Marina berlokasi di sebelah timur PRPP. Pantai Maron berlokasi di beberapa ratus meter dari ujung runway Bandara Ahmad Yani. Sedangkan Pantai Tirang berlokasi di ujung landasan pacu Bandara Ahmad Yani atau 5 KM jarak udara dari Pantai Marina.

3. Kawasan Wana Wisata Penggaron

Tempat ini berlokasi di Desa Susukan Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Wana wisata ini merupakan salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih, dan Usaha Lainnya (KBM WBU 1) Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah. Wisata ini cocok untuk berkemah, olahraga, jungle tracking, outbond training, latihan SAR dan Pramuka.

4. Umbul Sidomukti

Tempat ini berlokasi di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Kawasan dengan pemandangan alam pegunungan ini dilengkapi dengan outbond training, adrenalin games, taman renang alam, camping ground, pondok wisata, pondok lesehan, serta meeting room.

5. Curug Benowo

Terletak di lereng Gunung Ungaran Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Air terjun ini masih alami dengan jalan bebatuan bersetapak, dengan jalur naik turun. Tempat ini cocok bagi Anda yang suka tantangan.

6. Candi Gedung Songo

Terletak di lereng Gunung Ungaran Dusun Darum Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Candi ini ada sejak abad ke-9 Masehi. Memiliki sembilan candi yang terletak diperbukitan. Kawasan ini juga memiliki sumber belerang, hutan pinus dan wisata kuda.

7. Pemandian Air Panas Nglimut Gonoharjo

Tempat ini terletak di Kelurahan Gonoharjo Kabupaten Kendal atau 40 menit dari pusat Kota Semarang. Letaknya yang berdekatan dengan Gunung Ungaran dan Kebun Teh Medini membuat tempat ini sejuk dan dingin. Sangat cocok untuk relaksasi.

8. Air Terjun Kali Pancur

Terletak di Desa Nogosaren Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Tempat ini sangat indah sebab Anda dapat melihat langsung keindahan alam lereng Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu.

9. Gunung Ungaran

Bagi pecinta alam, pasti tidak asing dengan tempat ini. Gunung dengan ketinggian 2.050 mdpl berada di wilayah Bandungan Kabupaten Semarang.

10. Rawa Pening

Terletak di Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, Banyubiru Kabupaten Semarang. Ditempat ini terdapat wisata tirta dengan perahu wisata, area pemancingan, pusat kerajinan eceng gondok, tempat permainan anak.

Jangan lupa jika mengunjungi 10 Tempat Wisata Alam di Semarang tersebut, anda harus tetap menjaga kebersihan dan keindahanya.  (die)

You might also like

Comments are closed.