Akan Terbang ke Mekkah, Calhaj Segera Diberi Vaksin Meningitis

METROSEMARANG.COM – Sebelum menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, sejumlah calon jemaah haji (calhaj) asal Kota Semarang dan sekitarnya bulan ini akan menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.

Ilustrasi. Dinkes segera memberi vaksin kepada calon jemaah haji yang bersiap terbang ke Mekkah. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Yulianto Prabowo mengatakan pihaknya mulai melepas 17 petugas medis untuk memeriksa kesehatan para calon jemaah haji, Rabu (19/7). Pemeriksan mencakup kesehatan rongga tenggorokan, suhu tubuh serta organ dalam.

Ia mengimbau kepada calhaj supaya tetap menjaga stamina tubuhnya agar tetap prima. Sebab, selain berudara lembab, lokasi ibadah haji di Tanah Suci Makkah juga disertai banyak debu ditambah lagi bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

“Sehingga mereka rawan tertular ISPA maupun virus meningitis yang berpotensi mengganggu kesehatan tubuhnya,” ungkap Yulianto kepada metrosemarang.com, Rabu (19/7).

Untuk saat ini, pihaknya bersiap memberikan vaksin meningitis bagi ribuan calon haji yang berasal dari kloter Semarang. Pemberian vaksin meningitis akan dimulai dua pekan sebelum jadwal keberangkatan tiba.

Ini, kata Yulianto merupakan kegiatan tahunan untuk meningkatkan daya tahan tubuh para calhaj selama menunaikan ibadah haji di Makkah.

Secara terpisah, kantor Kemenag Kota Semarang, menyebutkan terdapat peningkatan jumlah calhaj yang akan berangkat dari wilayahnya yakni mencapai 2.108 jiwa. Dari total calhaj tersebut, terdapat 1.383 jiwa lansia yang turut serta menunaikan ibadah haji.

Lonjakan jumlah calhaj karena ada penambahan kuota dari kerajaan Arab Saudi sebanyak 10 ribu jiwa untuk seluruh wilayah Indonesia serta tambahan dari pengembalian kuota 20 persen di tahun sebelumnya.

Untuk kegiatan manasik tahap selanjutnya juga akan digelar di tiap kantor kecamatan masing-masing. (far)

You might also like

Comments are closed.