Terima Remisi Lebaran, Dua Napi Wanita Hirup Udara Bebas

METROSEMARANG.COM – Dua narapidana wanita Lapas Kelas II A Wanita Semarang langsung menghirup udara bebas setelah mendapat masa potongan tahanan (remisi) menyambut perayaan Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Pemberian remisi khusus di Lapas Wanita Semarang, Minggu (25/6). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Bambang Sumardiono, mengatakan ada sebanyak 205 narapidana wanita yang mendapat remisi golongan RK1, sedangkan dua narapidana lainnya mendapatkan remisi golongan RK2.

“Yang RK2 ini mereka yang langsung bisa dibebaskan,” terang Bambang saat menyerahkan remisi secara simbolis dihadapan ratusan narapidana wanita, Minggu (25/6).

Remisi Lebaran, lanjutnya diberikan kepada para narapidana beragama Islam. Di Jawa Tengah sendiri, pemberian remisi dipusatkan di Lapas Kelas II A Wanita Semarang.

Menurutnya kini juga terdapat 4.902 narapidana seluruh wilayahnya yang mendapat remisi khusus Lebaran. Dari jumlah itu, kata Bambang, sekitar 4.806 narapidana di antaranya mendapat remisi RK1 sementara 96 orang lainnya mendapat RK2.

Untuk menyambut kemeriahan Idul Fitri, ia menginstruksikan kepada petugas lapas mulai hari ini memberikan waktu kunjungan untuk warga binaan agar bisa bertemu dengan keluarga masing-masing.

Olivia Malinda, seorang narapidana wanita mengaku bahagia setelah mendapat remisi RK2 dari pihak Kemenkumham. Ia ingin lekas pulang untuk menemui keluarga besarnya.

“Alhamdulillah saya dapat RK2, senang sekali karena bisa langsung pulang dan ketemu keluarga pas lagi Lebaran,” akunya.

Kepala Lapas Kelas II A Wanita, Rosnaida, menyatakan warga binaannya memang mendapat remisi banyak remisi saat Lebaran tahun ini. Ada 390 warga binaannya yang meringkuk di sel tahanan. Dari jumlah tersebut, 207 narapidana mendapat remisi.

Ia bilang jumlah pengajuan remisi sebeluknya mencapai lebih dari 100 orang. “Jumlahnya banyak, karena yang tahun lalu mengajukan dan belum keluar, bakal disetujui pada Lebaran 2017,” jelasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.