Terimbas Tol Batang-Semarang, Ratusan Rumah di Weleri Terendam Banjir

METROSEMARANG.COM – Ratusan rumah di dua desa di Kecamatan Weleri Kendal terendam banjir bandang akibat luapan sungai yang terbendung proyek tol Batang-Semarang, Kamis (22/3). Banjir juga merendam puluhan hektare sawah dan mengakibatkan aktivitas warga terganggu.

Balai Desa Manggungsari terendam banjir, Kamis (22/3) pagi. Foto: metrojateng.com

Air mulai menggenangi rumah warga di Desa Manggungsari dan Sumbersari pada pagi menjelang subuh. Sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah selatan Weleri selama kurang lebih dua jam.

Ketinggian air di permukiman warga cukup tinggi mencapai satu meter sedangkan di areal pertanian milik warga, tanaman tertutup air dan terancam puso. Warga mengaku sebelumnya tidak pernah terjadi banjir sebesar ini.

Banjir bandang ini ditengarai akibat pembangunan jalan tol Batang-Semarang. “Konstruksi saluran air pada jembatan terlalu kecil sehingga saat curah hujan tinggi dan debit air sungai melimpah air meluber dan mengalir deras ke permukiman warga,” kata Suprapto warga Manggungsari.

Sementara itu salah satu warga yang rumahnya berada tepat di samping jembatan mengatakan, banjir yang menimpa dua desa ini karena box beton yang melintas sungai tidak sesuai dengan ukuran dan kondisi sungai yang besar.

“Sehingga saat hujan deras air tidak bisa mengalir dengan lancar dan meluap ke permukiman warga,” kata Jalil warga Sumbersari.

Hingga kini genangan air masih cukup tinggi warga tidak bisa beraktivitas dan sejumlah sekolah juga diliburkan. Warga  berharap agar proyek jalan tol tersebut dalam membuat konstruksi layaknya jembatan besar. (metrojateng.com/MJ-01)

You might also like

Comments are closed.