Terkendala Konstruksi, Pembongkaran Replika Kapal Cheng Ho Molor

Proses pembongkaran replika kapal Cheng Ho. Foto Metrosemarang
Proses pembongkaran replika kapal Cheng Ho. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Pembongkaran replika Kapal Cheng Ho yang berada di penampang basah Kali Semarang terkendala konstruksi bangunan replika kapal. Banyaknya bangunan dari baja dan luasnya cor beton membuat petugas pembongkaran kewalahan. Sehingga dipastikan target penyelesaian pembongkaran yang awalnya akan selesai dalam 2 minggu akan molor.

Setelah diawali oleh petugas Satpol PP pada 16 oktober lalu, pembongkaran replika Kapal Ceng Ho hingga kini baru mencapai 40%. Dari pantauan di lapangan Senin (27/10/2014), beberapa pekerja tampak masih sibuk memotong besi-besi pengait yang dijadikan pagar dan tiang baja. Ada juga yang sudah mulai menghancurkan lantai beton dan berusaha mengambili besi-besi tulang beton. Satu alat berat juga terlihat membantu pemindahan dan pengangkutan besi baja.

Menurut pengawas lapangan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Alam Energi Sumber Daya Mineral Kota Semarang, Agustiyono, kendala yang dialami saat ini pada konstruksi replika kapal yang kokoh dan kuat. Sehingga menyulitkan upaya pembongkaran secara manual.

Untuk pembongkaran sendiri pihaknya telah mengerahkan 40 pekerja. Dan diperkirakan pembersihan bangunan ilegal ini baru akan selesai pada pertengahan Nopember mendatang. Artinya meleset dari target yang ditetapkan sebelumnya selesai akhir Oktober ini. ‘’Kami kerahkan 30-40 personel agar satu bulan selesai. Diharapkan tidak ada kendala, sehingga bisa secepatnya kegiatan pembongkaran selesai,’’ katanya.

Bagian kapal yang telah dibongkar dihitung kemudian langsung diberikan ke pemiliknya Yayasan Tay Kak Sie untuk menghindari kehilangan. Guna mengatasi kendala sulitnya pembongkaran konstrukti beton yang kokok dan kuat, pihaknya juga berusaha menggunakan alat berat.

‘’Alat berat harus dikerahkan untuk menghancurkan konstruksi beton dan baja. Jadi alat berat akan diusahakan bisa dinaikan ke atas kapal dengan membuat jalan agar alat berat bisa naik,’’ terangnya. (MS-13)

You might also like

Comments are closed.