Terminal Terboyo bakal Dijadikan Pangkalan Truk

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sedang melakukan permohonan untuk mengelola sendiri Terminal Terboyo. Sebelumnya, terminal tipe A, yaitu Terminal Terboyo dan Terminal Mangkang akan diambil alih oleh pusat.

Terminal Terboyo akan dijadikan terminal khusus truk. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Terminal Terboyo akan dijadikan terminal khusus truk. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Alasan permohonan Terminal Terboyo untuk tetap jadi aset Pemkot Semarang adalah untuk menampung truk atau menjadi terminal barang di Kota Semarang. Diakui oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang Agoes Harmunanto, sampai saat ini, Semarang belum memiliki terminal khusus barang.

“Banyak di antara sopir akhirnya terpaksa mangkal di Jalan Ronggowarsito, Arteri sepanjang pelabuhan dan lain-lain. Tentu saja itu dilarang. Adanya terminal barang adalah untuk memberikan solusi pada mereka saat ditertibkan,” paparnya, Senin (11/4).

Saat ini, Pemkot tidak bisa menganggarkan untuk pembangunan di terminal yang diambil alih oleh pusat. Pemkot hanya melakukan perawatan operasional saja untuk menjaga kondisi terminal.

Jika nanti Terminal tipe A diambil oleh pusat, sedangkan tipe B (Penggaron) akan diambil oleh Pemerintah Provinsi Jateng, maka terminal yang dimiliki oleh Pemkot Semarang hanya terminal Cangkiran. (ade)

You might also like

Comments are closed.