Terungkap, Ini Detik-detik Jatuhnya Heli Basarnas di Temanggung

METROSEMARANG.COM – Jatuhnya helikopter penyelamat Basarnas Jateng yang hendak menyelamatkan korban aktivitas kawah Sileri di Dieng menyisakan misteri. Dalam laporan di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, cuaca di sepanjang rute penerbangan sedang dalam keadaan cerah.

Airnav dipanggil ke Kantor Basarnas untuk memberikan penjelasan kronologi penerbangan heli Basarnas Jateng yang jatuh di Temanggung, Selasa (4/7). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

General Manager Airnav Indonesia Cabang Semarang, Kristanto menjelaskan pada pukul 15.00, penerbang meminta izin untuk terbang setinggi 3.000 feet menuju Dieng kemudian diizinkan terbang dengan berbagai catatan kondisi rute yang relatif.

“Jarak pandang di Ahmad Yani Semarang saat itu mencapai delapan kilometer dan kecepatan angin masih wajar. Kami berkoordinasi dengan BMKG yang kemudian memberi kesimpulan bahwa cuaca di sepanjang rute dalam kondisi cerah,” paparnya saat dipanggil di Kantor Basarnas Semarang, Selasa (4/7).

Pada pukul 16.03 heli bertolak menuju Dieng dan diprediksi bisa mencapai lokasi pada 20 menit ke depan. Namun hingga pukul 19.00 tidak ada laporan dari penerbang kepada Airnav sehingga kemudian Airnav cabang Semarang memverifikasi keberadaan heli tersebut ke pusat.

Sebelumnya, Deputi Bidang Potensi SAR, Dodi Trysunu menjelaskan bahwa pada 16.17 pihaknya sudah kehilangan kontak dengan heli Dauphin yang ditumpangi delapan personel dari Basarnas dan TNI Angkatan Laut tersebut.

“Pada saat hilang kontak tersebut Local User Terminal (LUT) kami mencatatkan koordinat terakhir posisi heli. Namun saat pencarian di lapangan pada 19.00 posisi ternyata melenceng sekitar empat kilometer,”

Basarnas terdekat, yaitu Basarnas Jepara, Yogya dan Cilacap yang sedang bertugas di wilayah Dieng menuju lokasi jatuhnya heli. Pada 20.00, barulah tiga personel dievakuasi dalam keadaan tidak bernyawa. Menyusul korban lainnya hingga selesai pada Senin (3/7) 02.00 dini hari. (ade)

You might also like

Comments are closed.