Tetapkan Siaga Satu, Polda Jateng Kerahkan Ribuan Personel Amankan May Day

METROSEMARANG.COM – Polda Jawa Tengah tetapkan status siaga satu saat peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang digelar pada Senin (1/5) mendatang. Pihak polisi akan melakukan pengamanan super ketat dengan melibatkan ribuan personel.

Simulasi pengamanan aksi demonstrasi di kawasan Pantai Marina Semarang, Sabtu (29/4). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Meski Senin nanti statusnya tanggal merah atau libur, seluruh personel wajib masuk untuk bersiaga. Sekitar 7.500 personel gabungan dari Satsabhara dan Satbrimob Polda Jateng akan kami siapkan mengamankan jalannya demo. Jumlah itu belum ditambah dengan personel dari Polrestabes Semarang,” ujar Direktur Sabhara Polda Jateng, Kombes Pol Tetra Megayanto Putra di sela memimpin latihan gabungan personel Ditsabahara dan Satbrimob Polda Jateng di Pantai Marina, Semarang, Sabtu (29/4).

Tetra mengatakan, aksi May Day akan melibatkan berbagai serikat pekerja di Jawa Tengah. Namun aksi dengan peserta paling banyak diperkirakan terjadi di Kota Semarang.

Dari laporan yang diperoleh, Tetra menyebutkan ada sekitar 10.000 buruh yang akan menggelar aksi demo di Semarang saat peringatan May Day nanti. Aksi demo tersebut akan terpusat di dua lokasi, yakni GOR Tri Lomba Juang dan kawasan Kantor Gubernur Jateng di Jalan Pahlawan.

Sementara itu guna menghadapi aksi demo saat peringatan May Day nanti, aparat Polda Jateng menggelar simulasi pengamanan di Pantai Marina. Latihan digelar secara intensif dengan skenario demo yang awalnya masanya sedikit dan berangsur menjadi besar yang diwarnai aksi anarkis para pendemo. (fen)

You might also like

Comments are closed.