Thomas SE Wahyono, 25 Tahun Belajar di Astra

TAK mudah mengabdikan diri pada satu perusahaan selama puluhan tahun. Namun Thomas SE Wahyono melakoninya di PT Astra Internasional Tbk Honda Sales Operation Semarang. Bertahan selama 25 tahun pada divisi promosi hingga pensiun, bahkan menolak tawaran posisi jabatan yang lebih tinggi.

Kesetiaan Thomas hanya didasari satu tekad. Tak lain adalah keinginan belajar. “Saya ini belajar di Astra. Banyak dapat ilmu yang di bangku sekolah tidak ada,” kata Thomas yang pernah mengenyam pendidikan arsitektur itu, Kamis (31/3).

Thomas Wahyono (kiri) Foto: metrosemarang.com/dok pribadi
Thomas Wahyono (kiri)
Foto: metrosemarang.com/dok pribadi

Perjalanan karirnya di Astra berawal dari bidang interior dan eksterior di bawah bagian promosi. Di situ, teori arsitektur yang pernah dipelajari Thomas lumayan berguna. Dia juga yang menjadi salah satu pencetus desain tampak depan dealer motor Honda seluruh Indonesia.

“Di luar itu saya juga dapat ilmu lain selain arsitektur. Ilmu promosi, semua ilmu dapat, dan terutama ilmu dagang yang luar biasa. Ada beberapa karakter ilmu dagang. Ilmu dagang orang Solo dengan orang Tegal kan berbeda, dengan orang Kudus juga beda. Itu yang saya pelajari,” lanjut bapak tiga anak ini.

Alasan tak mau berjarak dari keluarga, membuat Thomas enggan menerima tawaran jabatan lain. Kendati posisinya lebih tinggi dan tentunya bergaji lebih besar. “Posisinya lebih tinggi, tapi harus keluar dari Semarang. Saya ndak bisa jauh-jauh dari anak-anak. Di Semarang pun banyak yang bisa dikerjakan dan dipelajari,” imbuh Thomas.

Alhasil, puluhan tahun ia lalui dengan malang melintang di dunia promosi Astra hingga resmi pensiun pada 31 Maret 2016 di usianya yang ke 55. Thomas merampungkan masa pengabdiannya pada Astra dengan meninggalkan kursi Supervisor Promosi di  PT Astra Internasional Tbk Honda Sales Operation Semarang.

Ia mengaku sudah semakin pintar berkat bekerja pada Astra. Selanjutnya, suami dari Inneko Winarti ini tak akan ongkang-ongkang menikmati masa pensiunnya. Ia akan menggunakan macam-macam ilmu yang sudah didapat dari Astra untuk membuka bisnis keluarga. Di antaranya bisnis di bidang kuliner, otomotif hingga mebel.

“Ini sedang persiapan,” kata Thomas. Ia bangga bisa mengakhiri masa kerjanya di Astra dengan baik. Ia pun mengucapkan terimakasih atas beragam ilmu yang sudah didapatkannya. Selamat dan Sukses Pak Thomas. (han)

Comments are closed.