Tia Hendrar Prihadi Raih Penghargaan Nasional ‘Bakti Koperasi dan UKM’

Krisseptiana dinilai sukses menghidupkan koperasi di Semarang. Foto: metrosemarang.com/dok
Krisseptiana dinilai sukses menghidupkan koperasi di Semarang. Foto: metrosemarang.com/dok

SEMARANG – Jelang berakhirnya kepemimpinan Wali Kota Hendrar Prihadi , Kota Semarang meraih penghargaan nasional di bidang koperasi. Kali ini diberikan kepada Krisseptiana Hendrar Prihadi, sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang yang menerima penghargaan “Bakti Koperasi dan UKM” dari Menteri Negara Koperasi dan UKM.

Penghargaan itu diserahkan pada puncak acara Hari Koperasi Tingkat Nasional ke 68 th 2015 di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (12/7), yang dihadiri  oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Tia, sapaan Krisseptiana, dinilai berhasil memotivasi kader-kader PKK di kota Semarang untuk berwirausaha dan membentuk Koperasi Wanita yang berbadan hukum.

Berbagai upaya telah dilakukan, baik melalui kelompok kerja PKK, maupun melalui pembinaan PKK yang dilakukannya dengan blusukan dan pendekatan kepada kader PKK di tingkat bawah. Semua ini tentu tidak terlepas dari dorongan dan arahan Wali Kota Hendrar Prihadi yang yang melihat langsung kegiatan ekonomi masyarakat melalui jalan sehat.

“Saya hanya melaksanakan arahan Pak Wali, agar usaha  ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam PKK bisa berkembang  melalui UKM dengan membentuk koperasi berbadan hukum sesuai cluster usaha, sehingga mempunyai daya saing dalam pemasaran,“ kata Tia.

Penghargaan ini tentunya sangat membanggakan, karena tidak sembarangan orang ataupun koperasi bisa menerimanya. Sebab, untuk bisa mendapat penghargaan tersebut harus terpenuhi beberapa kriteria.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Koperasi dan UKM No. 11/Kep/M.KIKM/VI/2015, ada 100 koperasi berprestasi yang terbagi dalam pembagian 5 jenis koperasi, yaitu 16 koperasi berprestasi yang jenis koperasinya simpan pinjam, 40 koperasi berprestasi yang jenis koperasinya konsumen, 5 koperasi berprestasi yang jenisnya pemasaran, 16 koperasi berprestasi yang jenisnya produsen dan 23 koperasi berprestasi yang jenisnya jasa.

Selain penilaian terhadap koperasi sebagai badan hukum, juga dilakukan penilaian terhadap personal/orang yang mempunyai peran terhadap pemberdayaan dan pengembangan koperasi yang terdiri dari pejabat negara, aparatur sipil negara tingkat pusat dan daerah, tokoh masyarakat, tokoh gerakan koperasi dan UKM, tokoh masyarakat dan instansi terkait.

Selain itu juga ditentukan 10 koperasi penerima award Tahun 2015 yang dinilai dari 100 koperasi berprestasi . ‘Koperasi Handayani Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu penerima Koperasi Berprestasi. Selain dua penghargaan tersebut, Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Semarang, Dra Litani Satyawati juga mendapatkan penghargaan yaitu “Satyalancana Wirakarya” bidang Koperasi dan UKM dari Presiden RI. (*)

You might also like

Comments are closed.