Tiga Cangkir Teh Sehari Kurangi Risiko Osteoporosis

Ilustrasi
Ilustrasi

 

METROSEMARANG.COM – Bertambahnya usia biasanya juga akan disertai dengan penurunan kualitas jaringan tulang atau osteoporosis. Tapi, semua itu bisa ditangkal jika Anda rajin minum tiga cangkir teh hitam setiap hari.

Para ilmuwan mengatakan, teh bisa menjadi senjata ampuh melawan osteoporosis. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa kimia yang disebut flavonoid dalam teh hitam dapat membantu menangkal penyakit yang melemahkan jaringan tulang.

Selama bertahun-tahun para ilmuwan telah menduga jika flavonoid bisa membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan jantung. Namun, dalam penelitian yang dipublikasikan the American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa minum teh merupakan cara baru yang ampuh untuk melindungi tulang selama proses penuaan.

Hasil studi menyebutkan, minum secangkir teh bisa menurunkan risiko patah tulang pinggul hingga 9 persen. Tapi, para peneliti juga mengingatkan agar menjaga kualitas hidup juga sangat penting untuk mencegah osteoporosis. Wanita yang menggunakan obat-obatan steroid, merokok, minuman keras dan memiliki riwayat keluarga, juga paling berisiko mengalami osteoporosis.

Selain itu, pola makan yang buruk di masa muda diperkirakan ikut meningkatkan bahaya penyakit osteoporosis. Untuk menjaga tulang tetap kuat, Anda disarankan melakukan diet yang bervariasi dan seimbang, termasuk banyak buah dan sayuran. (twy)

You might also like

Comments are closed.