Tiga Langkah Praktis Merawat Kompor Gas

kompor

HAI para ibu… jam segini masih di dapur ya? Kalau sedang memasak dan menggunakan kompor gas, lakukanlah perawatan rutin untuk menjaga keawetannya. Selain itu juga menjaga keamanannya supaya terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan, seperti kebakaran. Peran ibu di sini sangatlah penting, sebab para ibu dianggap sebagai kunci utama keselamatan rumah dari bahaya kebakaran. Untuk itu, kami memberikan cara membersihkan kompor gas yang dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa memanggil tukang servis. Berikut ulasannya.

1. Cara Membersihkan Burner dan Kuningan

Burner dan kuningan merupakan salah satu bagian tempat keluarnya api. Hilangkan kotoran yang menyumbat di lubang-lubang kecil dengan sikat gigi atau kawat kecil. Cara ini dapat membuat pijar api merata melingkar dan berwarna biru. Jika sudah bersih maka akan menghasilkan panas yang optimal dan menghemat bahan bakar gas. Untuk mengetahui kompos gas kotor dan tersumbat, dapat dilihat dari timbulnya sedikit asap serta pijar api yang merah.

2. Hilangkan Kerak dan Bau Amis

Jika kompor gas terdapat kerak dan menimbulkan bau amis, akan mengganggu proses memasak. Anda harus membersihkan dengan menggosokkan kain basah yang sudah tercampur sabun di bagian yang berkerak lalu keringkan. Pada kompor yang memiliki panggangan, gunakan spon dan air sabun agar tidak merusak lapisan teflon.

3. Bersihkan Dudukan Plat Bagian Atas

Bersihkan dudukan plat bagian atas dengan kain basah. Sebab, beberapa masakan yang mengandung santan jika menetes di bagian kompor dapat menimbulkan korosi pada bodi kompor gas.

Ketiga cara tersebut dapat membantu Anda memudahkan membersihkan kompor sendiri. Jika terdapat bagian yang bergerigi, gunakan sikat gigi untuk mempermudah penggunaannya. Semoga Bermanfaat! (die)

You might also like

Comments are closed.