Tiga Pendaki Mahapala Unnes Bersiap Taklukkan Carstensz Pyramid

Tiga pendaki Mahapala Unnes yang bersiap menaklukkan Gunung Carstensz. Foto: dok unnes
Tiga pendaki Mahapala Unnes yang bersiap menaklukkan Gunung Carstensz. Foto: dok unnes

 

METROSEMARANG.COM – Tiga pendaki Universitas Negeri Semarang (Unnes) bersiap untuk menaklukkan puncak Gunung Carstensz Pyramid di Papua. Selain pendakian, mereka juga akan melakukan pengabdian masyarakat di lokasi setempat.

Ketiga pendaki yang akan dikirim ke Carstensz itu merupakan hasil seleksi yang dilakukan Panitia Spirit of Indonesian Youth Expdition (SIYE) IV Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mahapala) Unnes. Seleksi diikuti 10 calon dan hasilnya diumumkan pada Senin (5/10).

Mereka adalah Edy santoso (Fakultas Teknik), Retno Muninggar (Fakultas Hukum) dan Faris Wickasono (FakultasTeknik). Seleksi yang dilakukan meliputi latihan fisik selama 3 bulan, test lapangan (Gunung Merbabu dan Sumbing), hasil medical check up laboratorium, hasil test psikologi, pengetahuan gunung serta 30 aspek penilaian lainnya oleh tim teknis SIYE IV Mahapala Unnes.

“Ketiga atlet ini merupakan anggota Mahapala ke-35 yang masih sangat muda dan belum genap 1 tahun bergabung. Namun mereka memiliki mental dan fisik yang kuat dan siap untuk melakukan ekspedisi,” ungkap M Syaefuddin selaku ketua panitia, seperti dilansir situs resmi Unnes.

Sebelum ekspedi ke Gunung Carstensz Pyramid yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl, Mahapala Unnes juga sukses dalam ekspedisi pertama 2009 di Gunung Kilimanjaro. Selanjutnya, ekspedisi kedua di Gunung Elbrus dan ketiga di Gunung Aconcagua. “Ini merupakan agenda 2 tahunan Unnes dan Mahapala,” tambah Syefuddin. (*)

You might also like

Comments are closed.