Ini Tim Pansel yang Menjamin Seleksi Kepala Dinas Fair

METROSEMARANG.COM – Pemkot Semarang menjamin proses seleksi pemilihan kepala dinas yang masih kosong di 4 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bebas pungli dan uang sogokan. Proses seleksi pun kemudian diserahkan kepada tim panitia seleksi (pansel).

Trijoto Sardjoko, salah satu anggota tim pansel kepala dinas. Foto: metrosemarang.com/dok

Tim pansel yang beranggotakan 5 orang tersebut, kemudian juga berusaha tidak hanya diisi oleh kalangan internal pemkot sendiri. Namun pemkot berusaha mengambil juga orang dari luar pemerintahan yang memiliki keahlian sesuai bidang yang dibutuhkan.

Sehingga 5 anggota tim pansel tersebut, adalah dari unsur pemkot Sekda, Adi Trihanto dan Asisten I Bidang Administrasi Pemerintah Setda Kota Semarang, Tridjoto Sardjoko. Sementara dari luar pemerintahan ada dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip Darsono, dari FISIP Undip Teguh Yuwono, dan dari tokoh masyarakat Rasdi Eko Siswoyo.

Adi Trihananto, yang juga ketua tim pansel, mengatakan, lelang jabatan eselon II untuk pengisian 4 jabatan kepala dinas yang kosong tersebut, sudah diumumkan melalui website resmi Pemkot Semarang yakni semarangkota.go.id.

‘’Persyaratannya di antaranya PNS di lingkungan Pemkot Semarang dengan pangkat/golongan ruang paling rendah Pembina (IV/A). Sedang/pernah menduduki jabatan administrator (eselon IIIa), atau menduduki jabatan fungsional tertentu yang relevan paling rendah jenjang Madya. Paling singkat dua tahun dalam jabatan administrator (eselon IIIa) atau jabatan fungsional jenjang madya,’’ terangnya, Rabu (26/4).

Adapun tahapannya, katanya, yakni pendaftaran calon peserta seleksi sekaligus penerimaan lamaran dan berkas persyaratan pada 31 Maret -14 April. Kemudian seleksi administrasi pada 1-15 April. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 18 April. Dan tes Kompetensi pada 19-21 April.

Kemudian penyusunan/penulisan makalah (resume) pada 26 April. Dilanjutkan wawancara pada 3-4 Mei, dan penyampaian hasil penilaian seleksi kepada pejabat pembina Kepegawaian Pemkot Semarang pada 8 Mei. Serta pengumumam penetapan hasil seleksi pada 15 Mei.

‘’Kami kali ini belum membuka kesempatan orang di luar lingkup Pemkot Semarang untuk mendaftar. Karena pemkot masih punya cukup SDM untuk mengisi kekosongan tersebut. Kecuali kalau pmkot tidak memiliki SDM,’’ katanya.

Seperti diketahui, masih ada empat posisi kepala dinas yang masih kosong. Yakni Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo), Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Saat ini posisi kepala dinas tersebut diisi oleh Pelaksana tugas (Plt). (duh)

You might also like

Comments are closed.