Tim Robotik Unissula Juara di Amerika

METROSEMARANG.COM – Tiga mahasiswa Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang sukses mendapatkan gelar juara umum dalam kontes robot internasional bertajuk Trinity College Fire Fighter Home Robot Contest. Kontes tersebut digelar mulai 2-3 April 2016.

Foto: unissula.ac.id
Foto: unissula.ac.id

Dalam ajang kontes robotik itu, tiga mahasiswa atas nama Faizal Aminuddin Aziz, La Ode Muhamad Idris, dan Ahmad Zuhri unjuk gigi dengan menampilkan robot pemadam api. “Saingan kita ada 80 peserta dari Amerika Serikat, Cina, Israel, Thailand dan negara lainnya,” ujar La Ode Muhamad Idris, anggota tim robotik Unisula, Senin (4/3).

Ia mengaku bersyukur mampu menaklukkan para pesaingnya yang notabene merupakan negara maju yang punya segudang prestasi di bidang ilmu teknologi.

Ia lantas menjelaskan bahwa timnya meraih juara I serta menyabet kategori senior robot pemadam api beroda, juara I dan II pada kelas Robot pemadam api berkaki dan penghargaan robot dengan performa terbaik serta best score  pada level 2 dan 3. “Robotnya kami beri nama  Khaum I, Khaum II dan Sultan Agung I dan Sultan Agung II yang jadi juara umum di Amerika,” ungkapnya.

Atas raihan tersebut, Idris mengaku bangga karena bendera merah putih akhirnya berkibar di negeri adidaya tersebut. “Kemenangan kami juga disaksikan perwakilan negara maju yang jadi kontestan lomba robot,” akunya.

Wakil Rektor III Unissula Semarang, Sarjuni mengapresiasi pencapaian membanggakan yang berhasil ditorehkan mahasiswanya. Hal itu tentunya tak lepas dari dukungan civitas akademika Unissula serta Kemenristekdikti yang ikut mendampingi selama acara. (far)