Timbun Sembako saat Ramadan, Izin Distributor bakal Dicabut

METROSEMARANG.COM – Kementerian Perdagangan mengancam akan mencabut izin para distributor yang kedapatan mempermainkan harga sembilan bahan kebutuhan pokok selama Bulan Ramadan nanti.

Mendag Enggartiasto Lukita usai melakukan video conference di Mapolda Jateng, Rabu (3/5). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Kita sudah dapat dukungan polisi, ketika nantinya ada kelangkaan langsung bisa dicek dengan mudah. Kita akan bergerak bersama aparat kepolisian, pasti akan ketahuan siapa yang bermain (sembako),” ungkap Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat meninjau lonjakan sembako di Semarang, Rabu (3/5).

Peninjauan harga sembako tersebut merupakan hasil koordinasi dengan pemda, dinas-dinas serta pengelola pasar tradisional. Selain Kota Lumpia, ia juga sudah meningkatkan koordinasi dengan 25 provinsi dan tiap kepala daerah.

Nantinya ia akan terus-menerus memantau lonjakan harga di pasaran. Seluruh perangkat pemerintah pusat hingga daerah, dibantu polisi terjun memantau sembako.

Ia mengaku tak segan menyeret pemasok sembako yang seenaknya sendiri menaikkan harga selama Ramadan. “Kita akan tegas, jelas, kalau ada permainan akan dilakukan penindakan hukum bagi mereka yang bermain,” ungkapnya lagi.

Tak cuma itu. Pihaknya akan menyegel semua distributor maupun agen sembako yang tak mengantongi izin operasional.

“Distributor dan sub distributor yang tidak mendaftarkan izinnya dan ilegal pasti kita tutup secepatnya. Polisi sudah menyiapkan pasal untuk menindak mereka. Ini penting, sebab kita sudah menetapkan harga acuan untuk menjual sembako. Tentunya ada peraturannya. Maka jika nakal akan kita cabut izinnya mulai dari tingkat direktur, direksi, komisaris pemegang saham, tidak akan kasih izin lagi,” kata dia. (far)

You might also like

Comments are closed.