Tingkatkan Ketakwaan, Calon Haji Rampungkan Manasik Mandiri

METROSEMARANG.COM – Demi meningkatkan ketakwaan dan kekhusyukan, para calon jemaah haji (calhaj) telah merampungkan proses manasik mandiri di masing-masing kecamatan. Jumlah calhaj dari Semarang yang akan terbang ke Mekkah Arab Saudi tahun ini mencapai 2.108 jiwa.

Ilustrasi

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kota Semarang, Muhammad Habib mengatakan jumlah manasik mandiri tahun ini telah ditambah. Menurutnya dari semula hanya ada lima manasik mandiri, untuk tahun ini jadi enam kali.

“Manasik jumlahnya meningkat dibanding tahun lalu. Mulai pembelajaran dan pemahamannya kita tingkatkan. Seluruh jemaah haji ini kita wajibkan untuk mandiri,” kata Habib, Selasa (25/7).

Manasik mandiri, tambahnya bertujuan agar seluruh calhaj tidak hanya bergantung pada kyai dalam melakukan ibadah haji nantinya. Pemahaman itu terus diberikan agar kekhusukan selama menjalankan ibadah haji bisa dirasakan seluruh jemaah.

“Jadi harus benar-benar mandiri dan tidak ketergantungan kiai. Tujuan haji kan melaksanakan rukun Islam ke-5, nilannya kan ibadah. Mencari keridhoan Allah, tidak karena yang lain,” jelasnya.

Selain itu, juga terdapat tiga kali manasik yang diadakan oleh kantornya. Sehingga total ada sembilan manasik sebelum berangkat haji.

Seluruh calhaj asal Semarang akan berangkat beribadah haji dalam tujuh kloter. Kloter 18 terbang pada 1 Agustus 2017, kloter 66 berangkat tanggal 16 Agustus, kloter 67-70 tanggal 17 Agustus serta kloter 71 yang diberangkatkan pada tanggal 18 Agustus 2017. (far)

You might also like

Comments are closed.