Tingkatkan Rescue Water, Tim SAR Latihan di Lepas Pantai Marina

METROSEMARANG.COM – Guna meningkatkan kemampuan mengatasi kecelakaan air yang kerap terjadi di Jawa Tengah, puluhan anggota Basarnas selama tiga hari ke depan menggelar latihan di lepas Pantai Marina.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Kepala Basarnas Jateng Agus Haryono mengatakan dengan mengacu instruksi UU Kepariwisataan Nomor 29 Tahun 2009 tentang upaya pencarian pertolongan, pelatihan yang digelar pihaknya merupakan kerjasama yang dijalin bersama Dinas Pariwisata setempat untuk mendukung potensi wisata bahari.

“Sesuai amanah undang-undang tersebut, kami diminta mendukung keselamatan wisatawan dengan mengadakan latihan penyelamatan kecelakaan air di Pantai Marina,” ungkap Agus di kantornya, Rabu (17/5).

Dengan dibekali keahlian mumpuni, katanya maka tiap petugas mampu melakukan penyelamatan lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

Proses latihan nantinya difokuskan pada peningkatan rescue water. Tiap personel diminta menunjukkan aksi penyelamatan kecelakaan air dengan kecepatan yang telah ditentukan oleh instruktur.

“Peserta latihannya berasal dari perwakilan tim SAR di tiap daerah. Mereka harus bisa menunjukkan respons time yang sangat cepat dan sigap, hanya dalam hitungan menit nyawa korban disimulasikan segera mendapat pertolongan,” kata Agus lagi.

Ia menyebut lokasi rawan kecelakaan air berada di lepas pantai Kabupaten Brebes, Batang, Jepara, Rembang, Cilacap dan Semarang. “Kita ingin meningkatkan keahlian penyelamatan di sektor wisata bahari,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.