Tinjau Antrean Pendaftar Jaminan Berobat Gratis, Hendi Minta Prioritaskan Warga yang Sakit

METROSEMARANG.COM – Banyaknya keluhan warga dalam pelayanan pendaftaran program jaminan berobat gratis di Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang Jalan Pandanaran langsung direspons Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Orang nomor satu di Kota Lumpia itu mengecek langsung ke lokasi, Kamis (2/11).

Wali Kota Hendi mendengarkan keluhan warga soal pelayanan pendaftaran jaminan berobat gratis di Kantor Dinas Kesehatan, Kamis (2/11). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Kedatangan wali kota di kantor dinas kesehatan tersebut membuat warga yang sedang antre di loket pendaftaran semakin riuh. Mereka berebut menyampaikan keluhan yang dialaminya kepada Hendi, sapaan wali kota. Mulai proses pendaftaran yang tidak baik dan menyebabkan antrian panjang hingga informasi terkait adanya batas maksimal waktu pendaftaran program jaminan berobat gratis.

Setelah menenangkan warga yang mengerubungi, satu per satu Hendi memberikan jawaban atas pertanyaan warganya. Wali Kota Hendi kemudian meminta agar warga yang tidak sakit untuk pulang, dan mendahulukan pendaftaran untuk warga yang sedang sakit. Dia juga menjelaskan tidak ada batas waktu bagi pendaftaran program jaminan berobat gratis dari pemkot ini.

‘’Kita utamakan yang sakit dulu ya. Yang tidak sakit silakan pulang. Program ini tidak ada batasan waktu untuk pendaftarannya. Jadi kalau yang masih sehat silakan pulang saja dulu. Bagi yang sakit saja yang akan dilayani,’’ tegas Hendi di tengah antrean warga.

Hendi selanjutnya juga meminta Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Widoyono, supaya ada perbaikan dalam pelayanan pendaftaran kepada warga. Ia menegaskan harus ada speaker atau pengeras suara untuk memanggil warga yang antre mendaftar, serta memberikan informasi yang jelas kepada warga yang akan melakukan pendaftaran.

“Selain itu perlu ada sosialisasi secara masif tentang program ini, bahwa tidak ada batasan waktu pendaftaran bagi warga, dan program jaminan kepada masyarakat ini juga tercover seumur hidup,’’ tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Widoyono langsung menanggapi siap melakukan evaluasi dan memperbaiki pelayanan pendaftaran sesuai instruksi wali kota. ‘’Hari ini ada lonjakan (pendaftar) 300% dari hari sebelumnya,’’ ujarnya terpisah kepada watawan. (duh)

You might also like

Comments are closed.