Tips agar Gaji Bulanan Tak Cepat Terkuras

Ilustrasi
Ilustrasi
BARU gajian tapi uang langsung habis tanpa terlihat wujudnya? Atau punya gaji yang cukup tapi tabungan tak pernah bertambah? Ada banyak jawaban untuk persoalan ini. Namun, faktor gaya hidup mungkin menjadi alasan yang paling utama.
Kebiasaan menghambur-hamburkan uang saat setelah gajian bisa menyebabkan hidup yang vivere pericolosamente, alias hidup menyerempet bahaya, di tanggal tua. Agar kebiasaan ini tidak terus-terusan terjadi, maka perilaku mengeluarkan uang harus ditekan sedemikian rupa agar sesuai dengan pemasukan.
Ramit Sethi, seorang financial expert dan penulis I will Teach You To Be Rich, dan Rod Ebrahimi, CEO, Ready for Zero, mengatakan, jika Anda memiliki gaya hidup yang tinggi maka berusahalah untuk menyetarakan jumlah pemasukan dengan pengeluaran.
Jika Anda tak punya sumber pemasukan lain, maka batasilah keinginan untuk membelanjakan uang pada hal-hal yang tidak penting dan bukan kebutuhan yang mendesak. Kurangilah pengeluaran yang bisa ditekan, misalnya jasa laundry, langganan koran, paket internet, dan lain sebagainya.
Disarankan pula agar Anda menghindari pembukaan kartu kredit. Sebab kartu kredit membuat utang Anda makin subur. Jika Anda tak mampu menahan membelanjakan uang yang Anda miliki, kartu kredit akan membuat kebiasaan Anda makin buruk. Tiap bulan Anda pun akan terbebani utang yang akan menambah pengeluaran. Maka, berusahalah untuk tidak tergiur pada berbagai promo yang ditawarkan kartu kredit. (ren)

activate javascript

You might also like

Comments are closed.