Tips Memasak Salmon Agar Tidak Hancur

Ala chef Hotel Santika Premiere

Potongan salmon tidak bisa langsung dimasukkan ke penggorengan begitu saja. Ada teknik khusus dalam memperlakukan daging salmon

MENGOLAH daging salmon tidak bisa dilakukan sembarangan. Daging ikan seperti salmon memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah hancur jika digoreng tanpa menggunakan cara tertentu.

salmon panggang
Grill Salmon Lemongrass Coconut Sauce Hotel Santika Premiere Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Chef Hotel Santika Premiere Semarang, Arrys Setiawan membagikan tips agar daging salmon dapat diolah secara maksimal tanpa menghancurkan bentuk. Dengan demikian, menikmati kuliner berbahan salmon bisa lebih menggugah selera karena tampilannya yang cantik.

“Yang pertama, pastikan penggorengan yang digunakan sudah panas terlebih dahulu, baru kemudian diberi minyak secukupnya,” katanya, Kamis (20/12/2018).

Setelah siap, potongan salmon tidak bisa langsung dimasukkan ke penggorengan begitu saja. Ada teknik khusus dalam memperlakukan daging salmon, yaitu dengan meletakkan bagian kulit terlebih dahulu di penggorengan.

Setelah dirasa cukup kering, barulah daging salmon dibalik dengan posisi daging berwarna merah menyentuh penggorengan. Durasi yang dibutuhkan tidak perlu terlalu lama, yakni sekitar lima menit.

“Jangan terlalu lama menggoreng salmon. Daging salmon bisa berubah tekstur menjadi keras jika dimasak terlalu lama,” ucapnya. (*)

 

Reporter: Ade Lukmono
Editor: Ade Lukmono 

Comments are closed.