Tips Membiasakan Anak Gosok Gigi dengan Benar

Pilihan Sikat Harus Tepat

Anak-anak masih banyak yang keliru kala menggosok gigi

KEBIASAAN menggosok gigi harus ditanamkan sedari usia anak. Tapi menanamkan kebiasaan itu bukan hal yang selalu mudah bagi setiap orang tua. Padahal kebiasaan menggosok gigi sangat penting, untuk mengenyahkan penyakit dan beberapa hal yang bisa merusak gigi.

gosok gigi
ilustrasi (sumber: gizitinggi.com)

Dokter Gigi Rista Afriani Fauzia dari Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang memberi catatan beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua untuk memulai kebiasaan gosok gigi. Tentunya gosok gigi dengan benar sehingga kebersihan gigi tuntas.

 

Sikat Gigi yang Tepat

Pertama, pemilihan sikat gigi yang tepat bagi anak. Untuk anak, sebaiknya dipilih sikat gigi yang kecil, baik tangkai maupun kepala sikatnya. Hal itu agar sikat gig mudah dipegang dan tidak merusak gusi.

Bulu sikat sebaiknya dipilih yang tidak terlalu keras, lembut dan jarang. Jangan lupa perhatikan ujung kepala sikat, sebaiknya dipilih yang menyempit.  Sehingga mudah menjangkau seluruh bagian mulut anak yang relatif mungil.

 

Koreksi Kebiasaan Gosok Gigi

Yang perlu dikoreksi adalah kebiasaan menggosok gigi. “Anak-anak masih banyak yang keliru kala menggosok gigi” kata drg Rista.

Menggosok gigi yang benar dimulai dari bagian luar gigi. Untuk membersihkan bagian ini, dimulai dari daerah gusi tepi yaitu batas antara gusi dengan gigi lalu lakukan gerakan memutar perlahan. Dengan demikian plak akan terlepas.

Menyikat bagian dalam berbeda dengan bagian luar. Sikat gigi di arahkan vertikal dan gunakan ujung bulu sikat untuk membersihkan bagian dalam gigi. Gerakannya megikuti pertumbuhan gigi. Sikatlah gigi dari arah atas ke bawah. Sebaliknya untuk gigi bawah, gerakan menyikatnya dari bawah ke atas. “Jadi gerakannya bukan dengan kiri-kanan,” ujar drg Rista.

Dengan teknik menyikat gigi yang benar maka kuman yang menempel di gigi bisa bersih secara sempurna.

 

Pilihan Pasta Gigi

Tips lain supaya anak gemar menyikat gigi, berikan lah pasta gigi dengan rasa buah. Sehingga anak tertarik dan bersemangat. (*)

 

Sumber: RSI Sultan Agung Semarang
Editor: Eka Handriana
You might also like

Comments are closed.