Tips Menyiapkan Dapur yang Penuh Keberuntungan Berdasarkan Feng Shui

METROSEMARANG.COM – Dalam ilmu feng shui, posisi ruang dapur memiliki peran yang cukup penting. Jika diletakkan di tempat yang baik, penghuni akan mendapatkan keberuntungan. Tentu sebaliknya, penempatan yang salah bisa menghadirkan efek negatif bagi penghuninya.

Seperti dilansir dari rumahku.com, untuk dapur dengan energi positif yang dominan, dapur tidak perlu didesain mewah layaknya hotel berbintang lima atau dengan diisi berbagai peralatan memasak kelas satu. Sederhana saja, asal baik penempatannya.

Ilustrasi
Ilustrasi

Sebaiknya, hindari peletakan area dapur di sektor utara rumah. Sektor utara pada kompas atau arah mata angin adalah tempat kedudukan unsur air.

Arah dapur yang baik adalah di sisi timur, sektor timur merupakan kedudukan unsur kayu. Di mana kayu bersifat membesarkan api. Berdasarkan hal ini, diharapkan rejeki penghuni rumah semakin bagus.

Sebaliknya, untuk yang mengandung unsur air, seperti tempat mencuci tangan atau piring sebaiknya ditaruh di sektor utara sebagai tempat kedudukan unsur air. Air melambangkan rejeki yang terus mengalir.

Gunakanlah penerangan yang cukup untuk dapur Anda dan bersihkanlah segera sisa-sisa makanan seusai makan. Pajanglah bunga-bunga dan buah-buah segar sebagai simbol kemakmuran di area dapur anda, sebagai titik kemakmuran dan kestabilan finansial, karena dapur itu ibarat “jantung” rumah.

Selain itu letak meja dapur pun harus diperhatikan. Tidak disarankan berada di bawah atau berdampingan dengan tangga. Ibaratnya, hasil usaha kita yang seharusnya bermanfaat menjadi tidak bermanfaat akibat gerakan injakan langkah kaki saat menaiki tangga.

Jika dinalar secara logika, kotoran atau debu yang dihasilkan akan sangat mudah masuk ke dalam makanan, sehingga banyak terjangkit kuman penyakit.

Satu lagi yang perlu diperhatikan, agar keharmonisan rumah tangga selalu terjaga,  posisi kamar tidur sebaiknya tidak bersebelahan atau berada di atas area dapur, terutama posisi tempat tidur sangat tidak disarankan bila berada persis di atas kompor lantai bawah.

Bila hal tersebut diterapkan  dapat berakibat kurang baik, di mana bagi yang sudah berpasangan pastinya akan mengganggu keharmonisan rumah tangga. Bagi yang belum berpasangan akan sulit mendapatkan pendamping karena cenderung memiliki emosi yang tidak stabil. (*)

You might also like

Comments are closed.