Tips Merawat Kuku Cantik dan Bersih secara Alami

Ilustrasi
Ilustrasi

TAHUKAH Anda? Ternyata pertumbuhan kuku tangan dalam seminggu 0,5-1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku kaki. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh suhu tubuh. Untuk itu perawatan kuku, terutama kuku tangan sangatlah penting. Perawatan sederhana dan cukup dilakukan di rumah saat waktu senggang.

1. Belimbing Wuluh

Manfaat buah ini dapat menguatkan kuku dan menghilangkan kotoran sel kulit mati pada kuku. Caranya mudah, cukup gosokkan belimbing wuluh pada seluruh kuku 15 menit lalu bersihkan.

2. Lidah Buaya

Tanaman ini bermanfaat juga untuk menguatkan kuku dan membuat kuku tambah bening. Caranya gosokkan daging lidah buaya keseluruh bagian kuku lalu bersihkan.

3. Getah Pepaya

Manfaat getah ini supaya kuku tidak mudah mengelupas dan pecah. Caranya, oleskan getah pepaya keseluruh bagian kuku. Diamkan sampai kering dan bersihkan.

4. Lemon atau Jeruk Nipis

Manfaat buah ini untuk mengembalikan kuku yang kuning atau mencerahkan kuku. Caranya perasan air lemon dicampur dengan pasta gigi yang mengandung pencerah sampai rata. Oleskan pada bagian kuku, tunggu hingga kering dan bersihkan.

5. Bawang Putih

Manfaat bawah putih ini untuk menguatkan kuku. Caranya parut bawah putih lalu oleskan parutan tersebut keseluruh bagian kuku, tunggu hingga mengering dan bersihkan.

6. Madu, Telur dan Minyak Zaitun

Manfaat ketiga bahan tersebut untuk melembabkan kuku. Caranya dua sendok makan madu dan minyak zaitun diletakkan dalam panci kecil dan masak sampai panas. Setelah itu angkat dan masukkan telur, kocok hingga semua bahan tercampur. Oleskan pada seluruh bagian kuku dan sekitarnya. Tunggu sampai mengering lalu bersihkan. Selamat Mencoba! (die)

Comments are closed.