Tips Merawat Wajah Bagi Remaja

Dari Double Cleansing Hingga Sunscreen

Sebelum melakukan perawatan yang paling penting untuk diketahui adalah jenis kulit. Apakah kulit berminyak, kering, kombinasi, atau normal.

MASA remaja bukan hanya masa yang paling indah dan tidak bisa terulang seperti lirik lagu “Kubahagia” dari Melly Goeslaw. Sebab, mulai usia remaja setiap perempuan perlu merawat dan menjaga kesehatan kulit terutama wajah.

perawatan kulit remaja
Sejumlah siswa SMA Hidayatullah bermain games tentang perawatan kulit di acara Wardah Bright Days. (Foto: metrosemarang/Anggun Puspita)

Hal itu perlu dilakukan. Karena seiring bekerjanya hormon yang ada didalam tubuh pada masa remaja atau kerap disebut masa puber, masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak, komedo kerap menjadi “teman akrab”. Wardah Cosmetic melalui kegiatan Wardah Bright Days mengunjungi sekolah dan perguruan tinggi untuk mengedukasi para siswa serta mahasiswa tentang merawat kulit wajah.

Seperti saat berkunjung di SMA Hidayatullah Semarang, di hadapan ratusan siswi Promotion Officer Wardah, Fianita Nur Utami mengajarkan tahap-tahap perawatan wajah untuk sehari-hari. Sebelum melakukan perawatan yang paling penting untuk diketahui adalah jenis kulit. Apakah kulit berminyak, kering, kombinasi, atau normal.

“Mau tahu apa jenis kalian, caranya setelah mandi diamkan kulit wajah selama 10 menit. Jika wajah tetap lembab berarti kulitmu normal, tapi kalau berminyak hanya di bagian dahi, hidung, dan dagu itu jenis kulit kombinasi,” tuturnya.

perawatan kulit remaja
Promotion Officer Wardah, Fianita Nur Utami menyampaikan cara merawat kulit wajah ke siswi SMA Hidayatullah Semarang dalam kegiatan Wardah Bright Days. (Foto: metrosemarang/Anggun Puspita)

Setelah mengetahui jenis kulit wajah, maka berikutnya bisa memilih perawatan kulit mulai pembersih (cleansing). “Untuk membersikan wajah, sebaiknya terapkan cara double cleansing. Sebelum mandi atau bermakeup, bersihkan wajah dengan lotion atau oil cleansing kemudian dilanjutkan facial wash,” jelas Fianita.

Selanjutnya setelah pembersihan, hal utama lainnya adalah menggunakan pelembab. Jika memiliki kulit berminyak gunakan pelembab berbentuk gel, tapi bila kulit kering pilih pelembab lotion atau cream. Rutin menggunakan pelembab akan membuat kulit terhidrasi dengan baik. Dan yang tak kalah penting, setelah memakai pelembab gunakan tabir surya atau sunscreen.

“Pilih sunscreen yang berSPF minimal 30. Aplikasikan minimal 15 menit sebelum beraktivitas, tidak perlu banyak-banyak cukup sebiji kacang polong untuk satu wajah,” ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan Wardah tersebut bertujuan untuk mengedukasi generasi muda khususnya remaja putri tentang perawatan dan kesehatan kulit. Hal itu menjadi dasar yang perlu diketahui sebelum mereka merias wajah. Selain di SMA Hidayatullah, Wardah juga berkunjung ke sekolah lain di Semarang dan sekitarnya seperti SMA 3, SMA 3 Pati, serta perguruan tinggi antara lain Universitas Negeri Semarang, UIN Walisongo.

Siswa kelas 10 IPS 2 SMA Hidayatullah, Risma Azzahra (15) mengungkapkan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk dirinya. Sebab, sebagai perempuan menjaga dan merawat kulit itu penting.

“Selama ini sih sudah melakukan itu, tapi ini jadi tambah tahu tentang langkah-langkahnya mulai menganalisis jenis kulit hingga memilih produk perawatan,” tuturnya. (*)

Reporter: Anggun Puspita
Editor: Anggun Puspita

Comments are closed.