Tolak Jika Ada Perusahaan yang Minta Uang ketika Interview Kerja

METROSEMARANG.COM – Sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Itu mungkin peribahasa yang cocok untuk orang yang tertipu oleh oknum jasa penyedia kerja abal-abal. Biasanya mereka memanfaatkan antusiasme pencari kerja untuk meraup keuntungan dengan cara yang tidak halal.

Country Manager JobStreet.com Indonesia, Faridah Lim. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Oknum tersebut biasanya mengatasnamakan perusahaan ternama yang sedang mencari kandidat karyawan. Kandidat diminta membayar sejumlah uang untuk kemudian ditransfer dengan modus akomodasi atau administrasi. Jika mengalami demikian, harap jangan dituruti,” tegas Country Manager JobStreet.com Indonesia, Faridah Lim, Kamis (23/3).

Menurut Faridah, sesuai dengan Undang-Undang bahwa pencari kerja dalam proses pelamaran tidak bisa dipungut biaya apapun sepeserpun. Jika ada yang melakukan pungutan tersebut, maka bisa dipastikan perekrutan kandidat karyawan tersebut adalah fiktif.

Penipuan tersebut bisa terjadi lantaran para pencari kerja hanya mencari lowongan pekerjaan di search engine internet tanpa melakukan kroscek sumber validnya. Seharusnya, pencari kerja lebih selektif memilih web atau jasa penyedia iklan lowongan pekerjaan.

Di JobStreet.com, pengiklan lowongan pekerjaan didata secara rinci mulai legal documents, NPWP dan surat pendukung lainnya. Meski demikian kandidat diminta tetap hati-hati lantaran banyak oknum yang mengatasnamakan JobStreet.com. (ade)

You might also like

Comments are closed.