Toyota Eka Gustiwana dan All New Rush Bikin Album Musik Daerah

eka gustiwana
Penulis lagu, produser rekaman, komposer, sekaligus Youtuber, Eka Gustiwana Putra turut meramaikan acara Nasmoco Festival Great Sale di Mal Paragon Semarang, Rabu (11/4) malam. (Foto: metrojateng.com/Anggun Puspita)
SEMARANG – Seorang penulis lagu, produser rekaman, komposer, sekaligus Youtuber, Eka Gustiwana Putra (28), tidak cukup puas hanya berkarya di balik meja studio rekaman. Generasi milenial sekarang butuh ruang yang lebih luas untuk berkarya dengan cara yang berbeda.
Seperti yang sedang dijalani Eka saat ini, Youtuber yang dikenal melalui karya aransemen “Demi Tuhan” Arya Wiguna itu sedang keliling Pulau Jawa selama 22 hari dan mengunjungi 20 kota untuk membuat album musik daerah. Dengan mengendarai Toyota All New Rush dia singgah di kota dan desa untuk mengumpulkan berbagai suara-suara yang akan dikompilasi menjadi album musik daerah.
“Saya memutuskan keliling 20 kota dalam waktu 22 hari berhenti dari satu kota ke kota lain di Pulau Jawa untuk album saya yang akan dirilis di bulan Juli nanti. Selain itu, saya juga bikin video Youtube dan vlog selama waktu itu,” ungkapnya saat ditemui di Nasmoco Festival Great Sale di Mal Paragon Semarang, Rabu (11/4) malam.
Adapun, motivasi Youtuber dengan satu juta subcriber itu adalah ingin mengenalkan musik daerah Indonesia kepada khalayak luas. Sebab, selama ini masyarakat justru suka dengan musik luar negeri. “Melalui karya saya nanti saya ingin sampaikan ke mereka, kalau Indonesia juga punya musik bagus lho. Jadi jangan sampai tidak tahu,” tuturnya.
Eka berburu dan merekam suara alam, alat musik dan musisi lokal, suara orang yang ditemuinya di setiap kota baik pedagang atau orang lagi mengobrol. “Setelah saya kumpulkan suara-suara itu, saya bikin musiknya dimana saja di hotel, pinggir jalan, bahkan di dalam mobil Toyota All New Rush. Jadi meski buatnya di dalam mobil saya tetap merasa nyaman karena selama berkendara bantingannya enak. Kalau ada lubang di jalan juga tidak perlu takut, tidak mungkin kebalik mobilnya karena fitur keamanan lengkap,” jelasnya.
Selain itu, imbuh dia, kapasitas All New Rush juga bisa muat banyak sehingga semua alat musik yang dibawa bisa masuk. Sementara itu, sesuai rencana hasil perjalanan Eka di Pulau Jawa untuk membuat album musik daerah itu akan dirilis bulan Juli. Satu album nanti akan berisi 10 lagu. Setelah Semarang, dia akan meneruskan perjalanan ke Salatiga, Klaten, Solo, Lamongan, Surabaya, Situbondo, Jember, Ponorogo, Garut, Bandung, Sukabumi, dan kembali ke Jakarta. (ang)

Comments are closed.