TPKS Tanjung Emas Sudah Mampu Layani Tiga Kapal Sekaligus

Kapal MV Northern Diamond saat melakukan bongkar muat di TPKS Tanjing Emas, Minggu (17/1). Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Kapal MV Northern Diamond saat melakukan bongkar muat di TPKS Tanjing Emas, Minggu (17/1). Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

METROSEMARANG.COM – Target produksi handling Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Pelindo III sebanyak 658.000 Twenty Foot Equivalent Unit (Teu) di tahun 2016  tampaknya bukan isapan jempol belaka.

Tambahan dua crane baru serta perluasan dermaga hingga mencapai luas 600 meter dan perluasan lapangan penumpukan petikemas (Container Yard) seluas 5,3 Ha, dirasa mampu membuka jalan untuk mencapai target tersebut.

Berkat infrastruktur itu kini TPKS Pelabuhan Tanjung Emas mampu untuk melakukan bongkar muat terhadap tiga kapal sekaligus. General Manager Pelindo III TPKS, Erry Akbar Panggabean mengatakan, proses bongkar muat untuk tiga kapal sekaligus sudah mulai diberlakukan.

Bongkar muat pertama terjadi pada Minggu (17/1) lalu. Saat itu TPK melakukan bongkar muat terhadap kapal  MV Everpride (Evergreen, 182m LOA-17.887 GT), MV Northern Diamond (Maerskline, 231m LOA-36.007 GT), dan Meratus Sibolga (Meratus-line, 98m-3.256 GT).

“Ini untuk pertama kalinya semenjak TPKS berdiri tahun 2001 lalu. Sekarang mampu untuk melayani kegiatan bongkar muat 3 kapal sekaligus,” kata dia Senin (25/1).

Menurut Erry, salah satu kapal yang menjalani bongkar muat merupakan kapal terpanjang dan terbesar yang pernah melakukan aktivitas di TPKS.
Kapal milik  perusahaan pelayaran Maersk tersebut  memiliki panjang 231 meter dan 36.007 Gross Tonnage.

“Sejauh ini semua berjalan cukup maksimal. Dengan infrastruktur baru ini TPKS juga menjadi Zero waiting time, dengan kata lain  kapal bisa segera masuk ke window berthing mereka tanpa harus menunggu lama dulu di kolam pelabuhan untuk dapat bersendar,” pungkas Erry. (yas)

You might also like

Comments are closed.