Traveler Harus Tahu Kartu Traveling Argo Muria

SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan “Argo Muria Festival with Andien Metamorfosa dan peluncuran Traveling by Train Community Card: Argo Muria Edition” sebagai wujud kecintaan terhadap kekayaan budaya Indonesia. Acara ini sekaligus peluncuran community card sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia Kereta Api bertempat di Lawang Sewu, Sabtu (14/7).
Direktur Utama, PT KAI (Persero), Edi Sukmoro bertukar cinderamata dengan penyanyi Andien. (Foto: metrosemarang/ade lukmono)
Acara ini terbuka untuk masyarakat umum dan hanya dengan tiket masuk Lawang Sewu sebesar Rp10.000. Apabila masyarakat telah bepergian menggunakan Kereta Api Argo Muria untuk perjalanan pada 13 dan 14 Juli 2018, dapat mengikuti acara ini dengan menunjukkan boarding pass kepada petugas di pintu masuk.
Sesuai dengan temanya, event ini menampilkan keberagaman budaya, Argo Muria Festival with Andien tidak hanya sekedar menampilkan Andien dengan Metamorfosa showcase, tetapi juga menghadirkan bazaar, exhibition, dan opening act  dari empat Jazzy Station Perfomer asal Bandung , Semarang, Surabaya dan Malang. Pada acara ini, PT KAI (Persero) sekaligus mempersembahkan Traveling by Train Community Card: Argo Muria Edition.
Kartu loyalti ini mengusung konsep koalisi atau multi-partner, sehingga membuat jangkauan penyebaran komunitas menjadi semakin luas di seluruh Indonesia. Hal inilah yang menjadi keuntungan bagi pemilik kartu Traveling by Train Community Card: Argo Muria Edition, dimana poin yang didapatkan dari pembelian tiket dapat digunakan di berbagai merchant yang telah bekerja sama.
Direktur Utama, PT KAI (Persero), Edi Sukmoro mengatakan, Transformasi layanan di PT KAI (Persero) terus dilakukan untuk memenuhi harapan pelanggan dan stakeholder, PT KAI (Persero) menerapkan prinsip ‘we are listening-our customer’, untuk memberikan kenyamanan dan fasilitas terbaik bagi masyarakat Indonesia.
“Gelaran Argo Muria Festival kali ini berkolaborasi dengan Andien, seorang penyanyi bertalenta, panutan, ikon fashion dan agen perubahan sosial dan kebudayaan. Kami berharap Argo Muria Festival di kota Semarang hasil kolaborasi dengan Andien dapat memberikan hiburan dan edukasi kepada masyarakat,” ujar Edi.
Sementara itu, Andien mengungkapkan, kolaborasi ini merupakan kelanjutan dari perjalanan album Metamorfosa, yang baru saja diluncurkan di tahun 2017 lalu. Menurutnya ini merupakan kehormatan dapat berkolaborasi dengan PT KAI (Persero) untuk menghadirkan Argo Muria Festival with Andien.
Beroperasi pertama kali pada 22 Desember 1997, Argo Muria melayani perjalanan dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya, dengan keberangkatan Stasiun Gambir menuju Stasiun Semarang Tawang.
Pada masanya, Argo Muria menjadi salah satu kereta termewah dan merupakan salah satu rangkaian kereta bersejarah mengikuti transformasi perjalanan dari PT KAI (Persero). Nama Argo Muria diambil dari filosopi gunung untuk “Argo”, sekaligus sebagai brand image layanan kereta eksekutif serta “Muria” berasal dari nama Gunung Muria, yang terletak di sebelah utara Kota Kudus dengan ketinggian 1.602 meter di atas permukaan laut yang terkenal dengan keberagaman satwa langkanya.
Layanan kereta api ini memiliki kapasitas 350 hingga 450 tempat duduk dan terdiri dari 7 hingga 9 rangkaian kereta kelas eksekutif yang menawarkan keindahan perjalanan panorama di pesisir Pantai Utara.
Pemilihan Lawang Sewu sebagai tempat Argo Muria Festival with Andien dilaksanakan, karena gedung ini menyimpan cerita sejarah Panjang Kota Semarang. Gedung ini merupakan saksi bisu dari peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang pada Oktober 1945. Didesain oleh seorang arsitek asal Belanda, Cosman Citroen, pada masa penjajahan Belanda, Lawang Sewu dijadikan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappji atau perusahaan kereta api. Setelah kemerdekaan, Lawang Sewu digunakan sebagai kantor PT KAI (Persero).
Pada 1992, Pemerintah Kota Semarang menjadikan Lawang Sewu sebagai bangunan kuno bersejarah di Kota Semarang. Saat ini Lawang Sewu dapat digunakan juga sebagai tempat untuk Photoshoot, Shooting, Wedding, Photo Pre Wedding, Gala Dinner, Workshop, Pameran, Festival, Fashion Show dan konser musik. (ade)

Comments are closed.