Trik Memilih Warna Rumah Sesuai Feng Shui

Ilustrasi
Ilustrasi

METROSEMARANG.COM – Menentukan warna untuk tempat tinggal cenderung membuat pemilik rumah bingung. Pasalnya, ketika memiliki warna favorit untuk diterapkan di salah satu ruangan, namun pada kenyataannya warna itu tidak sesuai saat diaplikasikan.

Memilih warna rumah idealnya serasi ketika dipadukan berbagai macam furnitur yang ada di dalam ruangan tersebut. Maka dari itu, disarankan pewarnaan rumah ditentukan paling akhir.

Agar tak salah memilih warna untuk rumah Anda, sebaiknya meminta bantuan ahli desain. Warna yang tepat di rumah dapat memunculkan efek positif bagi psikologis dan mood seseorang.

Selain meminta bantuan desainer interior, Anda juga bisa menggunakan teknik feng shui sebagai panduan dalam memilih warna rumah. Berikut ini panduannya, seperti dirangkum dari rumahku.com.

Berikan Pesan di Setiap Warna

Penerapan warna di dalam rumah tak sekadar soal kesan yang menarik tapi juga memberikan pesan atau makna di dalamnya. Menurut feng shui, warna dinilai dapat menyerap energi dan melepaskannya lagi ke alam. Warna berhubungan erat dengan aktivitas yang hendak dilakukan dan siapa yang melakukannya. Ada kalanya warna di setiap ruangan memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, warna untuk ruangan anak-anak disarankan menggunakan warna cerah, menenangkan dan ceria. Mencari tahu makna warna menurut feng shui akan membantu Anda sebelum menerapkannya di dalam rumah.

Pilihan Warna untuk Berbagai Ruangan

Dapur dan ruang kumpul keluarga biasanya menjadi tempat yang paling aktif dan digunakan, beri warna yang memberi semangat. Misalnya, warna bold atau warna yang cerah, tegas, dan kontras. Sedangkan kamar tidur, ruang kerja, ruang tamu, dan kamar mandi lebih cocok untuk diberikan sentuhan warna menenangkan, seperti biru, hijau, atau putih.

Penggunaan Warna Hitam-Putih untuk Ruangan

Warna hitam dan putih dapat memberikan kesan elegan dan modern. Namun dalam feng shui, warna hitam biasanya tidak disarankan lantaran dapat mendatangkan energi negatif, khususnya untuk kamar tidur dan dapur.

Trik untuk menggunakan warna hitam sebagai warna dekorasi  yakni dengan cara dipadukan dengan warna netral dan lembut lainnya. Contohnya, warna dapur warna putih dpadukan dengan rak kaca, mangkuk dan furitur lain yang berwarna hitam.

Jika ingin menggunakan warna putih disarankan memakai warna putih yang tidak sebenarnya seperti warna putih tulang, biru terang atau warna-warna yang menyerupai putih. (*)

 

You might also like

Comments are closed.