Truk-Truk Barang Pakai Ban Vulkanisir Kena Razia di Kendal

razia truk kendal
Dishub Kendal dan Satlantas Polres Kendal menggelar razia angkutan barang dan umum di depan Polsek Kendal Kota Rabu (18/04). (Foto: metrojateng.com/edi prayitno)

KENDAL – Sejumlah truk barang dan angkutan umum terjaring razia yang digelar Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Kendal Rabu (18/4) pagi. Kebanyakan angkutan barang dan umum ini tidak melengkapi dokumen perjalanan yang lengkap, dan menggunakan suku cadang yang tidak layak. Seperti truk angkutan barang yang menggunakan ban depan vulkanisir, ditilang dan menjalani sidang ditempat.

Kasie Angkutan Dishub kabupaten Kendal, Bambang Adiyono mengungkapkan dalam giat ini pihaknya bekerja sama dengan Satlantas Polres Kendal, Pengadilan Negeri, Kejaksaan dan jasa marga. Mobil angkutan umum dan barang hanya diperiksa dokumen perjalanan mereka saja. Hal itu dilakukan karena selama ini banyak angkutan umum dan barang yang tidak melengkapi dokumen perjalan mereka.

Adiyono menjelaskan tindakan yang dilakukan merupakan upaya penegakan hukum untuk menertibkan angkutan barang dan umum agar tertib membawa dokumen perjalanan. “Kami mengecek dokumen perjalanan, KIR dan kelengkapan lainnya. Apabila ada pelanggaran langsung kami tindak dan di sidang di tempat,” paparnya

Ia menjelaskan para penyedia angkutan barang dan umum sering kali menggunakan suku cadang seperti ban yang tidak  sesuai dengan standar. Jika ada temuan hal itu pihaknya juga menindak hal tersebut. “Disini kami juga mengecek ban depan truk. Apabila ada angkutan yang menggunakan ban truk yang vulkanisir maka hal itu kami tindak juga,”  paparnya.

Penggunaan ban vulkanisir untuk ban depan sebuah kendaraan menurutnya tidaklah tepat. Pasalnya hal itu sangat membahayakan. Sementara itu, Siswanto seorang sopir tidak bisa mengelak saat diperiksa oleh pihak dishub dan Satlantas. Ia harus menjalani sidang saat itu juga.  “Truknya masa Kirnya sudah habis, ” pungkasnya. (MJ-01)

Comments are closed.