Tumbuhkan Semangat Kebhinekaan dalam Guratan Seni Rupa

METROSEMARANG.COM – Semangat kebhinekaan belakangan ini terus ditumbuhkan oleh masyarakat di penjuru Tanah Air untuk merajut kebersamaan dalam perbedaan agama. Selain menunjukan dalam ekspresi kesehariannya, tiap warga juga menampilkan dalam wujud berkesenian.

Pameran Kebhinekaan di Kota Lama. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Di Semarang, para pegiat seni yang tergabung dalam Komunitas ORArT ORET berupaya memajang ragam warna kemajemukan Indonesia di sebuah ruang pamer Lantai 2 Gedung Monod Huis, Jalan Kepodang, Kota Lama.

Dadang Pribadi, Ketua ORArT ORET mengatakan pameran Kebhinekaan digelar dalam jangka waktu empat hari mulai 17 Mei-20 Mei. “Untuk hari ini, kita mengadakan bancaan sebagai wujud syukur karena pameran telah rampung kemarin,” kata Dadang, Minggu (21/5).

Ia mengaku perlu mengangkat kembali tema pameran berjudul ‘Rehabilitasi Pancasila’ untuk menumbuhkan gairah warga agar mencintai negara Indonesia yang sangat majemuk.

Ia mengatakan ingin mengaktifkan kembali nilai-nilai Pancasila yang kini kian memudar. “Dan saya yakin lewat pameran ini, kita jadi lebih tahu bahwa tidak ada yang penting selain mencintai Indonesia yang majemuk,” bebernya.

Ia menambahkan ada dua jenis ruang pamer yang ia tampilkan kali ini. Yang pertama ialah pameran fotografi dan instalasi tiga dimensi.

Di lantai dua Gedung Monod Huis, pihaknya memajang 20 karya fotografi serta 11 karya instalasi.

Anak-anak TK juga ia ajak untuk memajang hasil karyanya di tempat tersebut demi memperkenalkan sejak dini geliat berkesenian di Kota Lumpia Semarang.

“Gambar-gambar anak-anak kita pajang di sini, biar mereka termotivasi terjun di seni rupa. Mereka akhirnya kita libatkan ikut pameran sehingga mereka tahu apa itu seni rupa,” ujarnya. (far)

You might also like

Comments are closed.