Tutup Tahun, Permintaan KK dan Akte Kelahiran Kian Melonjak

METROSEMARANG.COM – Memasuki tutup tahun 2017, jumlah permintaan pembuatan kartu keluarga (KK) dan akte kelahiran di Kota Semarang meningkat pesat. Bahkan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang mencatat volume permintaan untuk pembuatan dua dokumen kependudukan itu telah mencapai 900-1.000 lembar per hari.

Wali Hendrar Prihadi meninjau pelayanan data kependudukan di Kelurahan Trlogosari Kulon. Jelang akhir tahun, permintaan kartu keluarga dan akta kelahiran melonjak tajam. Foto: metrosemarang.com/dok

“Pengajuan KK tidak hanya untuk pindah domisili tetapi juga untuk memperbaharui dokumen lama, permintaan KK baru karena data lama hilang atau terkena dampak pemecahan wilayah RT dan RW,” kata Kepala Dispendukcapil Kota Semarang, Maryanto saat ditemui metrosemarang.com, di kantornya Jalan Kanguru Gayamsari, Kamis (21/12).

Tak hanya itu, Maryanto juga mengungkapkan jika jumlah permintaan akte kelahiran baru ikut melonjak. Permintaan terbanyak dilakukan peserta umroh sebagai syarat untuk memproses paspor di kantor Imigrasi.

“Karena banyak orang mau umroh sekarang diwajibkan punya akte saat membuat paspor. Makanya, per hari di sini kami melayani tak kurang 300 sampai 400 lembar akte saban hari,” terangnya.

Ia mengaku kewalahan dalam melayani proses pembuatan KK maupun akte di kantornya. Sebab, jumlah petugasnya kini terbatas. Ia mengklaim proses pengecekan data minimal butuh waktu 5-10 menit.

“Namun, dengan jumlah petugas kita hanya lima orang, membuat pekerjaan kurang maksimal. Memang saat ini permintaan KK dan akte kelahiran sangat banyak. Naik 10 persen dibanding tahun lalu,” jelasnya.

Tingginya jumlah pembuatan dokumen itu lantaran dipicu pertumbuhan penduduk di Semarang yang melesat naik. Hal itu ditambah dengan tingkat kesadaran masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan semakin membaik.

“Kami tetap berupaya memperbaiki SOP untuk mempercepat proses penbuatan akte maupun KK,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.