Twitter untuk Bisnis [dengan Fitur Sakti Terbaru]

Stop buang waktu! Begini cara memakai Twitter untuk bisnis, dengan menggunakan 5 fitur sakti terbaru Twitter.

Stop buang waktu! Begini cara memakai Twitter untuk bisnis, dengan menggunakan 5 fitur sakti terbaru Twitter.

Twitter punya banyak manfaat, untuk bisnis sampai perubahan sosial. Artis, influencer, brand produk, dari yang terkenal sampai pebisnis lokal, media online, pakai Twitter untuk meraih minat pemakai.
Twitter dipakai untuk customer service (CS) dan marketing yang menjawab langsung sekarang. PLN dan provider seluler memakainya untuk menjawab komplain. Media online memakai untuk menjaring opini publik (misalnya, pada kasus #savetbrs). Presiden Jokowi memakai Twitter, Gubernur Ganjar Pranowo memegang akun Twitternya sendiri untuk membalas pertanyaan warga.

TWITTER UNTUK BISNIS. Gunakan fitur sakti terbaru Twitter untuk bisnis.
TWITTER UNTUK BISNIS. Gunakan fitur sakti terbaru Twitter untuk bisnis. (Photo: Unsplash)

Twit yang Paling Disukai (Menurut Twitter dan Buffer)

Sejak tahun 2014 sampai sekarang, Twitter menuliskan artikel tentang twit yang paling disukai pemakai. Tidak terlalu berubah sampai sekarang.

Buffer meneliti 1 juta pemakai untuk meneliti twit apa yang paling disukai. Twit dengan gambar, paling disukai jika memuat 20-40 karakter. Twit tanpa gambar, paling disukai jika memuat 120-140 karakter. Twit popoler, rata-rata memakai 110-120 karakter. Twit dengan gambar lebih dapat perhatian daripada twit tanpa gambar. Twit tanpa link lebih banyak mendapat retweet, like, reply, daripada twit dengan link. Twit dengan #hashtag disukai asal tidak lebih dari 4 hashtag.

Serangan Visual dengan Foto dan Pablo

“Serangan Visual” Lebih Cepat

Twitter efektif untuk melakukan “serangan visual”. Orang tidak akan tahan dengan serangan ini. Orang lebih memilih melihat gambar daripada membaca teks panjang.

Saat bertemu kawan atau sedang menonton acara musik, Anda bisa memotret dari smartphone lalu upload ke Twitter. Bisa juga dengan memilih foto lalu Share ke Twitter. Lebih cepat daripada Facebook dan Google+.

Twitter bisa upload gambar gerak (format .gif). Terhitung sudah lebih dari 100 juta .gif terbagikan di Twitter.

Image/foto di Twitter bisa di-search seperti “Pencarian Gambar” di Google Image.

[box type=”success” align=”” class=”” width=””]
Anda bisa tag orang lain di foto Twitter. Caranya: di kotak twit, klik “Media” untuk upload foto kemudian klik link “Who’s on this photo?”.
[/box]

Upload 4 foto sekaligus, bisa menjadi kolase (tumpukan foto). Mungkin bisa menjadi lebih menarik. Cocok untuk beberapa foto dalam satu acara.

Gambar .gif sering juga dipakai sebagai display BBM. Membuat gambar .gif bujur sangkar, dengan sisipan @username, bisa membuat nama akun Twitter Anda beredar luas.

Pablo untuk Semua Platform Media Sosial

Bisa juga upload foto atau gambar yang sudah ada di komputer. Setelah install Pablo, kalau meletakkan kursor di atas foto akan menampilkan tombol Pablo. Siap share. Seperti kita tahu, platform media sosial (misalnya: Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest) memiliki dimensi ukuran gambar berbeda-beda. Pablo bisa mengatasi perbedaan ukuran di platform media sosial ini dengan mudah.

Download Pablo untuk Google Chrome:
https://chrome.google.com/webstore/detail/gfpibnlcombjoeejlongmihndgkpnjjo

Search Engine Khusus Twitter

Dalam 1 detik, ada 6 ribu twit, atau 500 juta twit per hari. Twit ini bisa dicari dengan mudah, tepat sasaran, menggunakan search engine khusus Twitter. Google dan Facebook tidak bisa melakukan pencarian lebih cepat dan lebih tepat dibandingkan Twitter.

Mesin pencari khusus Twitter bisa dipakai untuk: melihat interaksi antar-akun (misalnya: hubungan akun @AsliSemarang dengan akun @KotaSMG), twit terpopuler bulan ini untuk #hashtag tertentu, mencari twit terpopuler di anda sendiri, mendapat ide untuk menuliskan postingan, mencari content apa saja yang terbagikan, mengetahui twit berdasarkan lokasi untuk mendeteksi popularitas brand lokal, melihat reaksi negatif terhadap hashtag tertentu, dan memonitor pesaing.
Manfaat lain, bisa Anda cari sendiri, sesuai kebutuhan.

Mengakses search-engine Twitter:
Search biasa : https://twitter.com/search-home
Search lanjutan : http://twitter.com/search-advanced

Hasil pencarian bisa disimpan, bisa pula tidak disimpan. Hasil pencarian yang disimpan, bisa disertakan aslinya (embed) ke dalam postingan.
Sebaiknya, jangan hanya mencari #hashtag populer, karena biasanya orang membuat hashtag semaunya. Carilah apa yang kira-kira sedang dipikirkan orang-orang.

Download Tutorial Cara Memakai Search Engine Twitter
https://goo.gl/LSqApg

[highlight color=”yellow”]
Anda bisa memeriksa siapa saja yang sudah share suatu link artikel di Twitter.
[/highlight]
Bahkan bisa diketahui akun Twitter mereka. Facebook tidak bisa. Facebook hanya bisa melihat jumlah share tetapi tidak bisa melihat siapa saja yang share artikel itu.

Hasil pencarian ini bisa disertakan aslinya (embed) untuk ditampilkan di website. Menjadi bukti otentik, untuk kepentingan pemasaran atau untuk kepentingan menulis postingan di blog atau website.

[highlight color=”yellow”]
Google tidak layak untuk riset, jika Anda menggunakan smartphone.
[/highlight]

Google versi mobile, secara default menawarkan pilih-alih (switching) versi “classic” dan “mobile”. Keduanya tidak ada opsi “Pencarian Lanjut”. Orang harus tahu cara mencari tingkat-lanjut hanya dengan sebaris pengetikan. Problemnya, pencarian berdasarkan tanggal, tidak bisa dilakukan dengan mudah jika memakai Google versi mobile. Apalagi memakai aplikasi Google. Menggunakan pencarian di Twitter, lebih tepat-sasaran.

Video Twitter : Jurnalisme Live Streaming, dan Meningkatkan Penjualan

Twitter bisa langsung upload video dengan Periscope, sejak 12 Januari 2016. Pilihan ini sudah tersedia di kotak twit. Durasi video 2 kali lebih lama daripada tawaran Instagram. Twitter memberikan durasi 30 detik, Instagram hanya 15 detik. Waktu 30 detik sudah cukup untuk menarik perhatian pemakai, karena Twitter mengutamakan efisiensi dan spontanitas.
Sejak ada Periscope, peta jurnalisme dunia sudah berubah. Orang bisa memberitakan kejadian di sekitarnya secara live, dengan lebih mudah.
Menurut riset RightNow dan Twitter Internal, tahun 2015: Video yang diposting selalu dibuka pemakai (82%), melalui piranti mobile (90%), dan orang di luar Amerika punya minat unggah video ke Twitter 1,29 kali lebih banyak daripada warga Amerika. Sebanyak 11% pemakai Twitter mencari video lain yang sudah dipasang di Twitter dengan bantuan search engine Twitter. Pemakai Twitter suka mencari video di Twitter (41%).

[highlight color=”yellow”]
Video bisa menaikkan reply 2,5 kali, retweet 2,8 kali, dan like 1,9 kali lebih banyak.
[/highlight]

Video untuk Menaikkan Pembelian

Menurut riset SocialTimes, video produk, bisa meraih user engagement 7 kali lebih banyak daripada gambar atau foto.

Buatlah video yang menggoda selera, menceritakan apa yang terjadi di balik layar (dari sebuah produk), atau buatlah video yang sengaja untuk menghibur follower Anda. Bisa dengan memanfaatkan kalender posting (sekarang ada hari besar apa? momen apa yang sedang terjadi?), ucapan terima kasih, promosi, mengabarkan produk khusus atau special discount, atau menginformasikan cara memakai produk. Yang penting, tetaplah kreatif dan melakukan percakapan dengan orang lain, melalui Twitter.

Format Video

Jika upload lebih dari 30 detik, ada tawaran menyunting video. Untuk aplikasi Twitter mobile, memakai format MP4 dan MOV. Untuk web, menggunakan format MP4 dengan format H264 format dan AAC audio. Ukuran file maksimum di web 512MB. Resolusi minimum 32 x 32 pxl, sedangkan resolusi maksimum 1920 x 1200 pxl (atau 1200 x 1900 pxl). Frame rate maximum 40 fps. Bitrate maximum 25 Mbps.

[highlight color=”yellow”]
Untuk melewati batasan ukuran upload format MP4 di web, Anda bisa menggunakan aplikasi Buffer.
[/highlight]

Polling Twitter untuk Menjaring Konsumen

Jajak pendapat bisa dibuat dan dijalankan sampai 24 jam, untuk melihat opini publik tentang masalah tertentu. Polling Twitter terbatas pada 4 pilihan, pemakai Twitter mendapat informasi sampai kapan polling berlaku, dan berapa orang yang sudah voting. Hasilnya ditampilkan dalam persentase.

10 Manfaat Polling di Twitter

Polling memiliki setidaknya 10 kegunaan.

  1. Anda bisa bertanya kepada pembaca tentang content pilihan, misalnya, dengan pertanyaan, “Kami akan menulis artikel, mana yang Anda pilih dulu di antara dua judul ini?”. Taktik ini sering dipakai stasiun televisi swasta.
  2. Polling bisa untuk membuat prediksi apa yang disukai konsumen, atau menebak tim bola mana yang akan maju dalam final.
  3. Bisa juga membuat polling hanya untuk bersenang-senang, sekadar refreshing.
  4. Polling sering dipakai untuk meminta tanggapan atas suatu produk, misalnya dengan bertanya, “Produk baju seperti apa yang Anda sukai?”.
  5. Tidak jarang, polling di Twitter digunakan untuk melihat reaksi acara yang sedang berlangsung, dalam bentuk “tebak skor”.
  6. Bisa juga untuk membuat quiz berhadiah makan siang di restoran.
  7. Riset pasar bisa dilakukan untuk mengumpulkan data melalui polling, seperti pertanyaan, “Berapa lama Anda membuka Twitter?”.
  8. Meminta tanggapan pembaca, sering dipakai MetroSemarang untuk melihat apa yang paling disukai pembaca.
  9. Termasuk pertanyaan tentang sikap pembaca jika seandainya Ganjar Pranowo ikut mencalonkan-diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Cara ini bisa mengelola opini publik atau mempertanyakan suatu kebijakan.
  10. Anda bisa memakai poling sebagai data ke dalam postingan di web dengan teknik embed twit atau membuat screenshot dari Twitter diikuti dengan sedikit analisis.

Apa manfaat polling untuk bisnis Anda? Buat daftarnya sendiri, sesuai kebutuhan.

Jumlah Share Dihapus dari Twitter? Tidak Masalah.

Salah satu ukuran terbaru untuk menandai popularitas artikel, menurut para pemakai blog dan web, bisa ditilik dari jumlah share. Bukan jumlah Like.
Sejak Oktober 2015, fitur tombol jumlah share sudah dihapus dari Twitter untuk mengoptimasi tampilan mobile.

Jumlah share memang mempengaruhi pembaca lain untuk share postingan, tetapi, tergantung platform apa yang ditampilkan. Plugin seperti Jetpack, bisa menampilkan jumlah share, tetapi untuk pemakai iOS harus klik tombol “share” sebelum bisa melihat berapa orang yang share. Menurut penelitian BuzzSumo, jumlah share ke Twitter tidak turun drastis sejak penghapusan fitur ini.
Tenang saja. Ini tidak terlalu berpengaruh pada traffic website.

Mengatasi Keterbatasan 140 Karakter

Banyak orang tidak suka memakai Twitter karena keterbatasan 140 karakter. Sebenarnya bukan 140 karakter. Mungkin kurang. Untuk share sebuah link artikel, misalnya, sudah terkurangi mention, hashtag, dan URL artikel itu. Batasan 140 karakter justru merupakan kekuatan utama Twitter: simple, cepat, dan mengundang interaksi. Orang lebih berpikir dan menyunting sebelum menuliskan twit.

Menurut penelitian Microsoft, perhatian orang pada sebuah halaman web sudah menurun, dari 12 detik (tahun 2000) menjadi 8 detik (tahun 2015). Status panjang di Facebook atau deskripsi produk terlalu detail, tidak akan dilirik orang. Twit 140 karakter masih tetap akan dibaca orang lain.

Merasa kurang bebas dengan keterbatasan 140 karakter? No problem.

Twitter memang tidak dipakai untuk menuliskan gagasan. Ini Twitter, bukan Facebook. Fungsi Twitter tidak sama dengan Facebook.

Pemakai Facebook memakai status untuk menuliskan apa yang sedang dipikirkan. Semacam “mirroring“, tempat bercermin, melihat kepribadian sendiri. Twitter lebih cocok untuk mengatakan “saya sedang apa”, membagikan link, dan memberikan jawaban singkat.

Itu sebabnya, orang-orang di Twitter sering menulis di bios (info akun), “Apa yang saya retweet belum tentu mencerminkan gagasan saya”.

Bagi yang suka menulis panjang, masih bisa membuat kultwit (akronim dari “kuliah tweet”), sekumpulan twit, biasanya bernomor urut, dengan satu hashtag dan tema tertentu. Contoh kultwit bisa dilihat di ChirpStory.

[highlight color=”yellow”]
Anda bisa menggunakan ChirpStory untuk mencari kultwit, bisa untuk menambah gagasan postingan.
[/highliht]

Keterbatasan 140 karakter masih bisa diatasi mengingat Twitter bisa menampilkan secara otomatis, “featured image” (gambar utama) dan deskripsi sebuah link. Hampir semua website sudah mendukung fitur ini. Contohnya pada link berita semarang terbaru hari ini, yang di-share di akun @KotaSMG.

Tidak jarang pula, orang menuliskan quote panjang, memajang poster, untuk mengatasi batasan 140 karakter ini. Atau memposting dalam bentuk video. Keterangan lebih lanjut, orang bisa membuka link di website.
Yang jelas, Twitter lebih “to the point”, ringkas, dan bersifat publik.
Saya sendiri lebih suka 140 karakter, rasanya masih seperti orang SMS, namun ada hashtag dan deskripsi link yang saya share.

Catatan Tambahan

Twitter terus melakukan perbaikan. Rumor beredar, Twitter akan menghapus batasan 140 karakter, namun menurut kabar resmi Twitter, tidak akan dilakukan. 140 berarti simple, cepat, efisien.

Twitter menghadapi tantangan abadi, sebagaimana Facebook, untuk menghapus spamming. Terutama yang dijalankan akun-akun hantu.

Jejaring sosial yang kuat, terbentuk dari orang-orang yang terhubung. Bukan kelompok besar yang terdiri orang-orang asing dan tidak terlalu kenal.

Brand dapat pula dibangun dengan chat Twitter.

Download Twitter Terbaru Gratis

Sebelum menjalankan tutorial, sebaiknya update atau download Twitter terbaru untuk Android dan Blackberry.

Twitter untuk Android dari Google Play :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.twitter.android

Twitter untuk Blackberry dari App World :
https://appworld.blackberry.com/webstore/content/8160/?lang=id&countrycode=ID

Bagi yang ingin memakai Twitter, stop buang waktu. Download tutorial memakai Twitter baru, Anda bisa langsung bisa memakai Twitter hanya dalam 10 menit.

Tutorial memakai Twitter dan memakai search engine khusus Twitter
https://goo.gl/LSqApg

Sudahkah Anda menggunakan Twitter untuk pekerjaan Anda hari ini?

You might also like

Comments are closed.