Mirip Asli, Uang Rupiah Baru Made in Semarang Lolos Sensor Sinar Ultraviolet

METROSEMARANG.COM – Uang rupiah palsu pecahan lama dan baru yang diproduksi pelaku WH (50) di sebuah rumah di Jalan Karangsono, Genuk, Semarang terbilang cukup mirip dengan yang asli.

Pasalnya, pelaku juga mampu memberikan efek menyala pada uang buatannya saat terkena sinar ultraviolet (UV). Selain itu, benang pengaman serta teksturnya juga sedikit kasar mirip dengan yang asli.

Pelaku mempraktikkan cara memproduksi uang palsu. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

“Ini kena air juga tidak luntur,” kata WH, saat mempraktikkan produksi uang palsu di Polrestabes Semarang, Kamis (20/4).

WH sendiri juga diketahui mampu memalsukan uang pecahan baru yang digadang-gadang susah untuk dipalsukan. “Nyatanya bisa,” ungkapnya.

Sementara, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji mengatakan pelaku sudah cukup lama memproduksi uang palsu. Pelaku sudah beroperasi sejak tahun 2015 lalu.

“Uang palsu tersebut juga dijual, untuk 5 juta uang palsu bisa dibeli seharga 1,2 juta rupiah,” terang Abi.

Seperti yang diketahui, WH otak pelaku pemalsuan uang palsu berhasil ditangkap tim Reserse Mobile Polrestabes Semarang. Ia ditangkap bersam tiga pelaku lain yang berperan sebagai pengedar, 16 April lalu. Bersama pelaku turut diamankan tiga buah printer alat sablon, laptop dan tiga unit sepeda motor. (yas)

You might also like

Comments are closed.