Uang Tebusan Tax Amnesty Jateng Tembus Rp 8,17 Triliun

METROSEMARANG.COM – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I telah menerima uang tebusan dari pengusaha yang ikut pengampunan pajak (Tax Amnesty) sebesar Rp 8,17 triliun. Jumlah ini, menurut Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, Irawan, setara dengan harta kekayaan senilai Rp 360,195 triliun.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Itu kontribusinya 7 persen atau Rp 300 miliar dari total realisasi penerimaan pajak di kantor kami pada periode yang sama yakni Rp 4,18 triliun,” ungkap Irawan di kantornya Jalan Imam Bonjol Semarang, Selasa (21/3).

Ia menyampaikan uang tebusan milik para pengusaha tersebut selama ini banyak ngendon di luar negeri, sehingga saat ini diharapkan bisa dimasukkan ke sektor pajak dalam negeri.

“Nanti buat membiayai proyek infrastruktur, operasional perbankan seperti saham, pembangunan pabrik dan perumahan. Sehingga penghasilan masyarakat terutama di Jateng bisa tumbuh kembali,” tutur pria yang sebelumnya menjabat Kepala Kanwil Pajak Sidoarjo Jatim tersebut.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa ada sebanyak 39.236 wajib pajak yang sudah memanfaatkan Tax Amnesty hingga 20 Maret 2017. Tax Amnesty masih berlaku sampai dengan 31 Maret nanti.

Melalui program ini, ia pun menegaskan pemerintah mampu mengerek pertumbuhan pembayaran pajak penghasilan yang cukup tinggi hingga 36 persen. Bahkan, pajak PPN juga ikut tumbuh 49 persen.

“Kami mengapresiasi program ini karena penerimaan pajak di wilayah kami ada peningkatan dibanding tahun lalu pada periode yang sama,” terangnya. (far)

You might also like

Comments are closed.