Ubaloka Kota Semarang Latih Pramuka Unnes Atasi Kebakaran

METROSEMARANG.COM – Unit Bantu Pertolongan Pramuka Kota (Ubaloka) Semarang melatih kecakapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Wijaya Universitas Negeri Semarang dalam menangani bencana kebakaran, Minggu (29/5).

Ubaloka sendiri merupakan nama khusus untuk tim SAR pramuka. Kegiatan yang dilakukan di halaman Dekanat Fakultas Teknik Unnes ini diikuti oleh 60 peserta yang merupakan anggota pramuka dari berbagai jurusan.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kecakapan dan keterampilan anggota pramuka dalam menghadapi bencana kebakaran,” terang Darmawan Ketua Ubaloka Kota Semarang.

Ada tiga hal penting yang diajarkan dalam kegiatan tersebut. Di antaranya adalah pemberian materi seperti pengenalan api, segitiga api atau faktor yang membuat nyala api, cara-cara penanganan api.

“Beda penyebab beda penanganan, seperti kebakaran karena gas, minyak atau sebagainya,” ungkap Jati Angga salah satu pengisi materi pelatihan ini saat ditemui metrosemarang.com usai mengisi materi.

Angga menambahkan pelatihan ini tidak hanya untuk melatih bagaimana cara penanganan kebakaran dan pengenalan alat-alat pemadam kebakaran saja. Tetapi juga melatih kepercayaan diri anggota pramuka. Seperti materi mountaineering, yaitu turun menggunakan tali dari ketinggian 50 meter.

Darmawan juga menambahkan bahwa materi yang diberikan meliputi pula prosedur keamanan dalam proses pemadaman. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat meningkatkan ketrampilan anggota pramuka dalam memadamkan kebakaran. (yulikha elvitri)

You might also like

Comments are closed.