Udinus Kembangkan Terobosan Teknologi Parkir “Smart Park”

METROSEMARANG.COM – Mahasiswa Teknik Informatika kembangkan teknologi Smart Park. Teknologi baru ini dipamerkan du Gedung E kampus Universitas Dian Nuawantoro, Selasa, (24/5) pagi.

Smart Park ini merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna parkir untuk mengetahui lokasi parkir yang kosong, jumlah mobil yang diparkir, bahkan jumlah mobil yang sedang dalam perjalanan.

Andy F Noya memperhatikan maker Smart Park. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Andy F Noya memperhatikan maker Smart Park. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Dengan menggunakan raspberry pi, teknologi ini akan memudahkan masyarakat ketika mencari area parkir. Sehingga tidak perlu lagi harus berkeliling mencari area kosong untuk parkir.

“Awalnya karena mau ke mall tapi susah nyari tempat parkir,” terang Khabib Prasetyo, tentang awal mula tercetusnya ide pembuatan Smart Park ini.

Khabib dan kedua temannya M. Hardi serta M. Nur Firdaus berhasil menciptakan terobosan baru untuk mengatasi masalah parkir. Walaupun awalnya hanya tugas kuliah, namun teknologi ini menjadi sebuah rancangan ide kreatif. Meski demikian teknologi ini masih akan terus dikembangkan untuk penyempurnaan sebelum dilempar ke pasaran.

Untuk pembuatan maket ini Khabib dan rekannya menghabiskan dana sekitar Rp 1-2 juta. “Iya kalau kisaran harga ketika sudah diaplikasikan belum bisa kami pastikan,” imbuh Khabib.

Tapi, ia menjelaskan ke depannya teknologi ini akan sangat memudahkan masyarakat. (yulikha elvitri)

You might also like

Comments are closed.