UIN Walisongo Siapkan Jadwal Imsakiyah

jadwal imsakiyah
Rektor UIN Walisongo membuka acara lokakarya. (foto: metrosemarang.com/Masrukhin Abduh)

 

METROSEMARANG – UIN Walisongo Semarang mengadakan lokakarya imsakiyah sebagai langkah persiapan dalam menghadapi bulan Ramadhan yang sudah tinggal menghitung hari kedatangannya. Acara tersebut bertempat di ruang sidang doktor kampus 1 UIN Walisongo Semarang.

Acara yang di adakan oleh Lembaga LPPM (Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) UIN Walisongo bekerja sama dengan Prodi S2 Ilmu Falak Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo tersebut bertujuan menyepakati jadwal Imsakiyah Ramadhan 1439 H. Serta juga diberikan penjelasan mengenai posisi hilal untuk penentuan awal Ramadhan dan awal Syawal 1439 H.

Pada acara tersebut dihadiri oleh beberapa kalangan, baik kalangan akademisi UIN Walisongo maupun dari beberapa instansi dan kelembagaan seperti dari Kantor Wilayah Kemetrian Agama Jawa Tengah, Pengadilan Agama, Majelis Ulama Indonesia Jawa tengah. Serta Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Semarang dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Semarang, BMKG.

‘’Kegiatan lokakarya diharapkan juga memunculkan ahli-ahli ilmu falak dari mahasiswa untuk memberikan kajiannya terkait jadwal waktu shalat dan awal bulan qamariyah,’’ ujar Dr H Sholihan, Ketua LPPM UIN Walisongo, seperti dalam rilis ke metrojateng.com, Kamis (19/4).

Rektor UIN Walisongo Prof Muhibbin yang membuka acara menegaskan, UIN Walisongo secara kontinu mengadakan acara lokakarya imsakiyah dari tahun ke tahun. Dan diharapkan menjadi rujukan kepada masyarakat khususnya Jawa Tengah nantinya dalam mengetahui waktu ibadah, serta waktu sahur dan berbuka.

Dalam acara tersebut, dihadiri pemateri-pemateri yang konsen dalam bidang ilmu falak. Diharapkan hadirnya jadwal imsakiyah hasil kesepakatan dari lokakarya imsakiyah LPPM UIN Walisongo ini bisa memberi pencerahan dan acuan kepada masyarakat. (duh)

You might also like

Comments are closed.