Ujian Nasional Kian Dekat, Dewan Minta Disdik Tambah Komputer

METROSEMARANG.COM – Ujian Nasional bagi siswa SMP sederajat akan digelar pada pada bulan April mendatang. Seiring dengan dekatnya waktu Ujian Nasional ini Komisi D DPRD Kota Semarang meminta Dinas Pendidikan (Disdik) memenuhi infrastruktur lab komputer dan menambah jumlah komputer di sekolah-sekolah.

Sidak Komisi D jelang pelaksanaan UNBK. Foto: metrosemarang.com/istimewa

Ujian Nasional bagi siswa SMP sederajat tahun 2018 sendiri tinggal menunggu waktu saja. Sebab sesuai jadwal dari Kementerian Pendidikan Ujian Nasional SMP akan digelar setelah Ujian Nasional SMA sederajat, yakni pada tanggal 23 – 26 April mendatang.

Seperti tahun lalu, Ujian Nasional akan dilakukan berbasis komputer (UNBK). Karena itu, Komisi D ingin memastikan bahwa setiap sekolah telah siap untuk menghadapi ujian tersebut.

‘’Kami telah menggelar sidak ke beberapa sekolah, untuk memastikan kesiapan sekolah-sekolah dalam menghadapi ujian nasional berbasis komputer ini,’’ kata Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang, Laser Narindro, bersama rombongan saat melakukan sidak di SMP Negeri 19 Semarang Jumat (23/3).

Hasilnya, lanjutnya, meski kebanyakan sekolah mengaku sudah siap, namun pihaknya menilai secara infrastruktur ketersediaan laboratorium komputer dan jumlah komputer di sekolah-sekolah belum sebanding dengan jumlah siswa.

Bahkan menurutnya dari segi ruangan juga belum standar seperti masih minimnya pendingin ruangan. ‘’Untuk itu Komisi D selaku mitra kerja Dinas Pendidikan meminta supaya dinas dapat memenuhi kebutuhan sekolah dalam menyiapkan UNBK ini,’’ katanya.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, hal itu supaya UNBK dapat berjalan lancar. Selain itu Komisi D juga meminta sekolah nantinya menyediakan genset supaya saat ada pemadaman listrik pelaksanaan unbk tetap berjalan lancar.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum SMP Negeri19 Semarang, Sri Lestari mengatakan, untuk persiapan UNBK di sekolahnya saat ini sudah siap. Pihak sekolah sudah menggelar 4 kali try out atau latihan.

Di samping itu, dalam mempersiapkan siswa sekolah juga memberikan jam tambahan di pagi hari. Sementara untuk komputer sekolah telah menyiapkan sekitar 80 unit komputer. (duh)

You might also like

Comments are closed.