Ujian Nasional SLB di Kendal, Pengawas Bacakan Soal

KENDAL – Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) digelar untuk sekolah dasar dan sederajat mulai hari ini, Kamis (3/5). Tak terkecuali siswa berkebutuhan khusus yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB). Di SLB Swadaya Klaiwungu Kendal, tiga siswa tuna rungu dan 10 siswa tuna grahita mengikuti USBN.

ujian nasional
Pengawas Ujian Nasional di SLB Swadaya Kaliwungu Kendal memberikan instruksi ke peserta. (Foto: metrojateng.com/edi prayitno)

Dalam pelaksanaannya, peserta mengalami kendala, sulit memahami soal ujian. Peserta tuna rungu juga sulit berkomunikasi dengan pengawas yang bukan berasal dari sekolah tersebut. Pengawaspun membacakan soal untuk peserta ujian. Pengawas juga harus mengarahkan peserta ujian tuna grahita yang sulit berkonsentrasi.

Tak selesai disitu, ketika soal telah dibacakan, siswa juga kesulitan menuliskan jawaban di lembar jawab. Untuk hal itu, pengawas juga harus mengarahkan peserta berkebutuhan khusus ini.

Kepala SLB Swadaya Kendal, Kirana Endita Satya mengatakan, karena aturannya pengawas harus dari sekolah lain, jadi pihaknya juga memberi pendampingan terutama untuk memberikan instruksi kepada peserta kepada tuna rungu. Oleh sebab pengawas tidak mengerti bahasa isyarat. “Guru pendamping disiapkan. Juga mendampingi pengawas untuk membacakan soal bagi peserta tuna grahita,” jelasnya. (MJ-01)

You might also like

Comments are closed.