Ukuran Lapak Diperkecil, PKL Suryokusumo Ancam Hengkang

METROSEMARANG.COM – Lokasi baru pedagang kaki lima (PKL) Tlogosari di Taman Suryokusumo, Kelurahan Muktiharjo Kidul ternyata tak sesuai harapan pedagang. Bukan saja ukuran lapak yang lebih sempit, jumlahnya juga lebih banyak dari total pedagang setempat.

Meski sudah diresmikan sejak 2 minggu lalu, jumlah pedagang di lokasi baru masih sangat sedikit dan tak lebih dari sepuluh. Kebanyakan mereka baru menata ulang lapak yang nantinya mereka tempati.

PKL di Taman Suryokusumo masih sepi. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
PKL di Taman Suryokusumo masih sepi. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Tak hanya itu, ukuran lapak yang dijanjikan oleh Dinas Pasar juga tak sesuai. Salah satu pedagang mengungkapkan, dinas pasar semula menjanjikan lapak ukuran 3×3 meter. Namun, oleh pengurus PPJ, lapak tersebut diganti menjadi 2×3 meter, sehingga semakin sempit.

“Ukuran dari Dinas Pasar 3×3 meter tapi kenyataanya dikasih pengurus 3×2 meter. Jumlah pedagang sebenarnya 220, karena dipersempit, lapaknya jadi 240,” terang salah satu pemilik lapak yang enggan disebutkan namanya, Selasa (22/3).

Ia pun mengaku tak bisa berbuat apa-apa, karena pengaturan ulang ukuran lapak ada di tangan pengurus. Bahkan, pengurus PKL tersebut menurut informasi mendapatkan beberapa lapak, bahkan ada yang sampai mendapat 4-7 lapak dengan lokasi yang strategis.

“Alasannya anggotanya lebih, saya tanya jumlahnya bilangnya rahasia. Sekarang protes tapi percuma nggak ada yang usul, usul pun nggak boleh alasannya rahasia, saya heran,” katanya.

Di sisi lain, ia berharap Pemkot secara tegas menertibkan PKL ilegal di wilayah Tlogosari yang menempati lapaknya. Jika tidak segera ditertibkan, ia dan pedagang lain siap keluar dan kembali menampati tempat semula.

“Kalau ada PKL liar dibiarkan, kita kompak akan bertindak, caranya kita akan pindah keluar lagi,” tandasnya. (din)

You might also like

Comments are closed.