Ulat Bulu Resahkan Warga Kedunggading

ulat bulu kendal
Warga menunjukan sarang ulat bulu yang ada di pohon waru di kebun milik warga Desa Kedunggading kecamatan Ringinarum Kendal. (Foto: metrojateng.com/edi prayitno)

KENDAL – Ribuan ulat bulu bersarang di kebun milik warga Desa Kedunggading Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal. Ulat bulu ini bersarang di pohon waru dan berkembang biak dengan cepat. Setidaknya ada empat titik sarang ulat membuat warga resah. Mereka khawatir jika ulat sampai masuk rumah.

Ulat bulu ini sudah berkembang biak di kebun milik warga empat hari terakhir. Selain bersarang di pohon dekat pemukiman warga, sejumlah ulat bulu merayap di pohon dan mulai berpindah-pindah. Sudah ada yang mulai masuk rumah.

Ulat bulu bisa tertiup angin dan menempel ke rumah warga dan menyebabkan gatal-gatal. “Khawatir juga sih ulat bulu masuk ke rumah. Soalnya jumlah banyak dan cepat berkembang. Kalau angin kencang bisa terbang terbawa angin ke rumah,” ujar Rochani, warga sekitar.

Kepala Desa Kedunggading, Budiyono mengatakan warga menemukan empat titik sarang ulat bulu. “Ulat bulu bersarang di pohon waru dan mulai menjalar ke pohon lain. Ulat bulu ini sebelumnya pernah bersarang di kebun warga beberapa tahun lalu. Kini muncul lagi, namun jumlahnya lebih banyak,” jelasnya.

Warga kewalah untuk membasmi ulat bulu ini, selain jumlah yang banyak ulat bulu berjalan cepat dan mudah terbang tertiup angin. Untuk sementara  warga melokalisir sarang ulat bulu agar tidak merambat ke pohon lain. Pihak desa sudah melaporkan ke kecamatan untuk segera dilakukan penyemprotan atau pembasmian dengan cara dibakar. (MJ-01)

You might also like

Comments are closed.