Undip Berikan Gelar Doktor Honoris Causa kepada Presdir PT Charoen Pokphan Indonesia

METROSEMARANG.COM – Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI), Thomas Effendy dianugerahi gelar doktor honoris causa (HC) di bidang ilmu sosial ekonomi peternakan oleh Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Pengukuhan akan dilaksanakan Kamis (23/11) siang nanti.

Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI), Thomas Effendy dianugerahi gelar doktor honoris causa (HC) di bidang ilmu sosial ekonomi peternakan oleh Undip. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Rektor Undip, Yosh Johan Utama mengatakan, penganugerahan tersebut sudah melalui serangkaian proses yang ketat. “Baik tata cara, prosedur, dan berbagai persyaratan lain yang sangat ketat,” ujar Yosh saat press conference di Rumah Makan Kampung Laut, Semarang, Rabu (22/11) malam.

Ia juga mengatakan, selama ini Thomas dikenal secara keilmuannya di bidang peternakan dengan berbagai inovasi di industri pakan ternak dan pengolahan daging ayam. Sehingga menurutnya  itu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Inovasi-inovasi di bidang peternakan itu pun sudah dituangkan oleh Thomas dalam karya ilmiah yang diuji oleh tim dari Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip yang berkompetensi di bidangnya. Tak hanya itu, keilmuan Thomas juga diuji oleh Senat Akademik Undip yang beranggotakan sebanyak 71 orang, dan hampir separuhnya adalah guru besar.

“Setelah itu, disuruh membuat intisari karyanya itu langsung di hadapan saya. Dicek, kata demi kata. Artinya, kami tidak main-main memberikan gelar doktor HC ini. Yang tak kalah penting kami juga menilai dari attitude calon penerima gelar tersebut,” papar Yosh.

Ketua Senat Undip, Sunarso menambahkan, ini merupakan kali pertama Undip memberikan penganugerahan gelar Doktor HC di kalangan pebisnis. “Sebelum-sebelumnya kan biasanya dari unsur goverment (pemerintahan), terakhir Bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan), dan untuk kalangan pebisnis memang baru kali ini,” ujarnya.

Sunarso berharap, pemberian gelar kehornatan doktor HC ini bisa memacu untuk menghasilkan lulusan yang lebih baik, kompeten, dan kompetitif.

Sementara itu, Thomas Effendy mengaku awalnya dirinya merasa tidak pantas mendapatkan gelar kehormatam Doktor HC dari Undip. Namun setelah diyakinkan, memang ia pantas mendapatkan gelar tersebut.

Pria kelahiran Pontianak, 30 Januari 1958 itu bersama CPI telah menggagas berbagai program di bidang peternakan. Di antaranya Program Bedah Kandang Peternak, membangun Teaching Farm di beberapa universitas, serta berbagai program lainnya.

Saat pengukuhan nanti, Thomas akan menyampaikan pidato ilmiah berjudul  “Pengembangan Pola Kemitraan Usaha Peternakan Ayam Pedaging Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Produksi Unggas Nasional”.

“Pola kemitraan memungkinkan risiko usaha plasma diminimalisasi, seperti fluktuasi harga yang merugikan peternak, dan benerapa lainnya. Kami saat ini memiliki sekitar 12 ribu peternak plasma yang menjadi mitra,” tukasnya. (fen)

You might also like

Comments are closed.