Undip Jalin Kerjasama dengan Pemkab Batang Bentuk DP3D

METROSEMARANG.COM – Universitas Diponegoro (Undip) jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batang. Penandatangan kerjasama ini dilakukan di Gedung Widya Puraya Undip Tembalang antara Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama dengan Pemkab Batang yang diwakili oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Ketut Mariadji, Rabu (8/2).

Ketut Maridji (Kiri) bersama Prof. Yos (tengah) menunjukkan nota kerjasama di Gedung Widya Puraya, Rabu (8/2). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Kerjasama yang dijalin ini melibatkan Fakuktas Teknik yang juga menandatangani kesepakatan bersama tentang Pendirian Dewan Pertimbangan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (DP3D) Kabupaten Batang.

Ketut Mariadji berharap dengan kerjasama ini dapat meningkatkan perbaikan pelaksaan perencanaan dan pembangunan daerah. “Dewan-dewan di Batang ini cenderung nurut sama ahli dari perguruan tinggi,” bebernya.

Langkah kerjasama dengan perguruan tinggi merupakan cara yang ditempuh Pemerintah Kabupaten Batang untuk mengurangi rekanan Pemkab yang ‘bermain’ dalam proyek. Bahkan ia juga mengakui jika rekanan yang selama ini bekerjasama dengan pihaknya terkenal nakal.

“Bahkan pihak kami di kantor pernah diteror agar yang menang lelang pihak ini, dengan kerjasama ini nanti rekanan itu tidak bisa lagi nakal begitu,” imbuhnya.

Menurutnya kerjasama ini juga terkait uji lab tentang masalah jalan termasuk juga bagaimana seharusnya agregat dari aspal itu. Pihaknya mengaku pernah menemukan kecurangan, terkait proyek jalan tersebut.

Terpisah, Prof Yos menerima dengan baik kerjasama dengan Pemkab Batang. Menurutnha Undip juga diuntungkan. Terlebih riset-riset dari dosen juga bisa dilakukan di sana. Di samping praktik-praktik mahasiswa dan dosen di sana.

“Tentunya ini baik, sementara memang baru fakultas teknik, tapi sangat mungkin nanti bisa fakultas lain,” ungkapnya. (vit/MG04)

 

You might also like

Comments are closed.