Undip, Tuan Rumah Workshop Internasional Pengelolaan Lingkungan

undip semarang
Workshop on UI Green Metric (IWGM) di Universitas Diponegoro (Undip) pada 8 hingga 10 April 2018. (Foto: istimewa)

METROSEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) menggelar International Workshop on UI Green Metric (IWGM) pada 8 hingga 10 April 2018. Ini merupakan salah satu perangkingan perguruan tinggi tingkat dunia yang diinisiasi oleh Universitas Indonesia dengan melihat pada 6 indikator yaitu Setting and Infrastructure, Waste, Energi, penggunaan air, transportasi dan pendidikan.

Undip menyelenggarakan workshop UI Greenmetric untuk tingkat internasional yang keempat setelah tahun sebelumnya diselenggarakan di Turki. Tujuan dari Workshop UI Green adalah untuk memberikan wadah sharing pengalaman dan strategi suatu kampus-kampus dunia dalam pengelolaan lingkungannya.

Jumlah peserta dan pembicara yang akan hadir sebanyak 140 orang dari 23 negara di antaranya Indonesia, Malaysia, Bahrain, Portugal, Hungary, Taiwan, Mexico, Italy, China, Spain, USA, Vietnam, Colombia, Thailand, Iran, Sri Langka, Tuerky, Kazakhstan, Rusia, Brazil, Lebanon, Jordan, Latvia, UK, Ireland, India.

Rektor Undip, Yos Johan Utama mengatakan bahwa Undip mengupayakan sebagai perguruan tinggi kampus hijau yang peduli dengan lingkungan, termasuk manajemen keberlanjutannya.

“Diharapkan nantinya akan menjadi ikon sebagai smart kampus yang mendukung terwujudnya smart city. Saat ini di Undip sudah dikelola penangan sampah secara terpadu, yang peduli terhadap lingkungan sehingga dilarang untuk bakar-bakar sampah di Undip,” ungkap Rektor, Kamis (12/4).

Ketua IWGM, Riri Fitri Sari mengatakan Workshop Internasional tahun ini tentang UI Green Metric bertemakan “Universitas, Dampak dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” dan menyediakan forum untuk berbagi praktik terbaik dalam menciptakan kondisi yang berkelanjutan di universitas.

Lokakarya ini diharapkan untuk menawarkan platform untuk bertukar informasi dan kerjasama dalam menangani isu-isu keberlanjutan. (ade)

You might also like

Comments are closed.