Unisbank Pacu Peningkatan Peringkat Perguruan Tinggi

METROSEMARANG.COM – Peningkatan kualitas pada perguruan tinggi merupakan prioritas pertama dari rencana strategis Kementrian Riset dan Tekonologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2015 hingga 2019 mendatang. Parameter peringkat dari peruguruan tinggi swasta (PTS) sendiri  diukur dari akreditasi, baik program studi ataupun institusi.

Foto: istimewa

Inspektorat Jendral Kemenristekdikti, Prof. Jamal Wiwoho, mengatakan jika dari data yang ada di tahun 2015 jumlah PTS terakreditasi A hanya 6 universitas, sedangkan pada tahun 2016 menjadi 15 PTS yang terakreditasi A. Sementara untuk perguruan tinggi negeri atau PTN tahun 2015 jumlah PTN terakreditasi A hanya 17 PTN sedangkan 2016 menjadi 28 PTN yang terakreditasi A.

“Akreditasi ini yang terus didorong dan ditingkatkan, agar kualitas pendidikan perguruan tinggi bisa meningkat,” katanya saat ditemui di Kampus Unisbank, Kamis (16/3).

Jamal menjelaskan jika perguruan tinggi harus bisa menjaga eksistensinya untuk dapat mememenuhi kriteria kampus yang sehat. Adapun kampus yang sehat, lanjut dia, memiliki lima parameter, yaitu  sehat idealisme, artinya para pemangku kepentingan pada perguruan tinggi berorientasi mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan mengejar materi. Sehat organisasi, sehat finansial dan masih banyak lagi.

“Sehat finansial artinya perguruan tinggi tidak hanya mengandalkan pemasukan dari penerimaan mahasiswa baru, tapi kerjasama dengan dunia usaha dan industri,” ungkapnya.

Parameter yang keempat yakni perguruan tinggi harus sehat secara civitas akademika diantaranya adalah  ketersediaan sumber daya manusia seperti tenaga kependidikan profesional pada bidang terkait. Sementara parameter kelima adalah dipercaya oleh masyarakat.

“Kita akan terus perguruan tinggi untuk bisa memenuhi target tahun 2018 mendapatkan akreditasi institusi A,” jelasnya.

Sementara itu Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak, mengatakan jika Unisbank konsisten terus meningkatkan prestasinya. Hal ini terbukti Unisbank pada tahun 2016 pada posisi atau peringkat 98 dari seluruh 3.244 PTN dan PTS seluruh Indonesia yang sebelumnya pada peringkat 105.

“Kita terus berusaha memacu agar bisa naik peringkat dan menjadi yang terbaikn tahun ini Unsibank ada di peringkat 98 di Indonesia,” tuturnya.

Pihaknya menargetkan pada tahun 2018 mendatang, Unsibank bisa menyabet akreditasi yang lebih baik yakni A. Saat ini Unsibank masih duduk pada akreditasi B.

“Target tersebut kami yakin bisa tercapai, sebelumnya 2 program studi yaitu Akuntansi dan Keuangan Perbankan mendapatkan Akreditasi A,” pungkasnya. (vit)

You might also like

Comments are closed.